Cara-Cepat-Menurunkan-Berat-Badan3 Cara Cepat dan Singkat Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

3 cara cepat dan singkat menurunkan berat badan bisa jadi hanya dicari oleh orang-orang yang ingin instan. Kalau kita memang bisa menurunkan berat badan dengan cepat dengan catatan menggunakan cara alami, tanpa efek samping dan menyehatkan, mengapa tidak kita lakukan. Dengan banyaknya informasi yang beredar tentang penurunan berat badan, kita hanya memerlukan tiga hal saja.

Secara garis besar, ketiga langkah penurunan berat badan ini bertujuan unutk menurunakn selera makan secara signifikan, membuat Anda bisa menurunkan berat badan secara cepattanpa merasa lapar, dan meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh Anda. Berikut ini detail apa yang harus Anda lakukan.

Kurangi Asupan Gula dan Tepung

Hal paling penting agar penurunan berat badan bisa cepat dan singkat adalah mengurangi asupan gulan dan tepung. Makanan yang mengandung gula dan tepung akan merangsang keluarnya insulin dalam jumlah banyak. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui, insulin adalah hormon penimun lemak utama di dalam tubuh. Jadi, dengan kata lain, mengurangi sekresi insulin akan menjadi salah satu 3 cara cepat dan singkat menurunkan berat badan.

Jika keluarnya insulin bisa diturunkan, lemak di dalam tubuh akan mudah keluar dari area-area akumulasi timbunan lemak. Akhirnya, tubuh kita akan mulai membakar lemak, bukannnya karbohidrat. Selain itu, turunnya insulin ternyata juga menurunkan berat air di dalam tubuh yang tidak diperlukan melalui ginjal.

Seberapa efektif cara ini? Nah, jika Anda bisa melakukannya secara benar dan konsisten, maka dalam minggu pertama, berat badan Anda akan turun sampai 5 kg bahkan lebih. Inti keberhasilan pada langkah ini terletak pada apa yang Anda makan. Anda harus bisa membedakan makanan rendah karbohidrat (low carb) dan rendah-lemak (low fat). Keduanya sama-sama bisa menurunkan berat badan tapi makanan dengan rendah karbohidrat akan mampu menurunkan berat badan lebih cepat.

Kesimpulan dari 3 cara cepat dan singkat menurunkan berat badan yang pertama ini adalah kurangi karbohidrat agar insulin turun, sehingga secara otomatis kalori yang Anda makan juga akan turun, tanpa merasa lapar. Dengan takaran dan porsi yang wajar, yakinkan Anda telah jenis makanan low-carb ke dalam menu Anda.

Makan Makanan dengan Protein Tinggi, Rendah Lemak dan Sayuran

Setiap kali makan, sangat penting bagi Anda untuk memasukkan sumber-sumber protein, lemak dan sayuran rendah-karbohidrat. Dengan mengatur asupan nutrisi seperti ini, Anda akan bisa mentontrol asupan karbohidrat ke level sehat yang mendukung penurunan berat badan yang sedang Anda lakukan. Anda hanya membutuhkan 20-50 gram karbohidrat per hari.

Jadi, apa yang harus Anda makan? Sumber-sumber protein bisa ditemukan pada daging (tanpa kulit dan lemak), seperti daging ayam dan sapi, seafood dan ikan seperti salmon, udang, lobster; dan telur.

Asupan protein menjadi hal wajib di dalam 3 cara cepat dan singkat menurunkan berat badan. Nutrisi ini sudah dikenal kemampuannya dalam meningkatkan masa otot maupun menurunkan berat badan.

Protein bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang berhubungan erat dengan turunnya berat badan. Jadi, yakinkan asupan protein Anda per hari 80-100 kalori per hari. Makanan dengan protein tinggi juga menurunkan selera makan Anda hingga 60%, menurunkan keinginan untuk negemil pada malam hari dan membuat Anda merasa kenyang yang otomatis akan menurunkan jumlah makanan yang Anda makan.

Kemudian, jangan lupa memasukkan sayuran ke dalam diet Anda. Sayuran rendah-karbohidrat bisa ditemukan pada brokoli, kembang kol, bayam, taoge, kobis, mentimun, dan lain-lain. Buah-buahan seperti apel, jeruk, pir, blueberry dan strawberry juga sangat bagus karena mengandung rendah-karbohidrat.

Selain itu, sayuran dan buah-buahan di atas juga mengandung fiber atau serat. Meskipun tidak termasuk ke dalam 3 cara cepat dan singkat menurunkan berat badan, fiber juga memiliki kontribusi cukup besar terhadap keberhasilan Anda. Fiber mampun menjaga Anda tetap kenyang dalam waktu lama karena tubuh kita tidak bisa mencernanya, sehingga pergerakannya di dalam usus juga sangat pelan. Inilah mengapa Anda merasa kenyang. Efeknya menurunnya nafsu makan Anda.

Angkat Beban 3 Kali Seminggu

Untuk menurunkan berat badan, sebenarnya olahraga tidak wajib. Tapi, dalam hal 3 cara cepat dan singkat menurunkan berat badan, olahraga sangat direkomendasikan demi keberhasilan program ini.

Opsi terbaik untuk olahrga adalah dengan pergi ke gym 3-4 kali seminggu. Lakukan pemanasan, angkat beban kemudian peregangan. Cara ini cukup efektif untuk membakar kalori dan mencegah metabolisme tubuh Anda menurun. Turunnya metabolisme adalah efek samping yang biasa ditemui pada orang-orang yang melakukan program penurunan berat badan dengan cepat.

Inti dari angkat beban adalah membakar kalori dan mencegah penurunan metabolisme. Bagi Anda yang tidak bisa ke gym atau tidak suka melakukan angkat beban, Anda tetap bisa melakukan pembakaran kalori di rumah. Hal-hal sederhana seperti naik turun tangga, jalan kaki ke supermarket atau jalan raya, jogging dan lari keliling kompleks juga sama efektifnya dengan olahraga ke gym. Yang diperlukan adalah keteraturan. Meluangkan waktu 30 menit 3-4 kali seminggu sudah cukup untuk menjaga metabolisme tubuh lancar selama proses penurunan berat badan.

Nah, sekarang, Anda sudah memiliki pedoman bagaimana menurunkan berat badan Anda. Memang, jika jenuh dengan proses diet yang panjang tanpa tujuan yang jelas, Anda bisa menerapkan 3 cara cepat dan singkat menurunkan berat badan.