buah-dan-sayur-untuk-menurunkan-berat-badan5 Buah Penurun Berat Badan Paling Disukai dan Menyehatkan

5 buah penurun berat badan paling disukai akan membantu mensukseskan program yang sedang Anda jalankan. Meskipun beberapa buah mengandung gula, buah yang akan kita bahas mengandung nutrisi tertentu, yang bermanfaat bagi kesehatan dan menjaga Anda tetap merasa kenyang sepanjang hari. Hasilnya, asupan kalori Anda akan sedikit ketika makan. Itulah sebabnya buah sangat bermanfaat untuk program penurunan berat badan. Nah, dari sekian banyak buah yang bermanfaat, ada lima buah yang paling digemari karena rasa dan keampuhannya. Berikut ini ulasannya.

Strawberry

Strawberry atau disebut juga buah arbei adalah buah pertama yang wajib Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan. Memiliki rasa manis disertai asam, strawberry sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Dengan begitu, buah ini memberikan manfaat secara optimal terhadap program penurunan berat badan yang sedang Anda lakukan.

Sebagai salah satu dari 5 buah penurun berat badan paling disukai, strawberry mengandung nutrisi penting bagi tubuh, khususnya protein dan mineral. Satu cangkir strawberry hanya mengandung 50 kalori, 7 gram gula tapi belum menyediakan 3 gram fiber yang kita butuhkan. Karena strawberry ini mengandung gula, buah ini akan memberikan asupan gula sehingga Anda bisa mengurangi asupan gula dari makan Anda.

Agar manfaatnya bisa dirasakan secara optimal, strawberry bisa dimakan langsung, namu bisajuga dibuat jus. Per gelas jus strawberry hanya membutuhkan 6 biji, bias tambahkan buah mentimun. Buah ini juga mengandung Vitamin C sehingga tubuh Anda akan lebih tahan terhada serangan penyakit dan antioksidan di dalamnya akan menghilangkan radikal bebas.

Alpukat

Alpukat bisa dimakan langsung, jus atau disajikan berasama olahan makanan lainnya. Bahkan, karena kandungannya yang kaya manfaat, alpukat tidak hanya menurunkan berat badan tapi juga bisa digunakan sebagai obat alternatif. Buah ini mengandung lemak, tapi tetap dimasukkan kedalam 5 buah penurun berat badan paling disukai karena lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak sehat.

Setiap buah alpukat berukuran sedang mengandung karbohidrat, lemak, protein, Vitamin C 34% dan Vitamin A sehingga akan mencukupi asupan gizi harian Anda. Selain itu, terdapat pula 6% kalsium dan 13.5 gram serat. Serat atau fiber sudah dikenal karena kemampuannya menurunkan berat badan.

Serat ini akan mengikat air yang kemudian membentuk gel. Di dalam tubuh, gel tidak bisa dicerna maupun diserap oleh tubuh. Gerakannya di dalam usus juga pelan. Itulah sebabnya jika Anda mengkonsumsi buah yang mengandung serat tinggi, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Sehingga, porsi makanan Anda bisa dikurangi dan Anda bisa menghindari ngemil di antara makan siang atau makan malam.

Karena menjadi salah satu dari 5 buah penurun berat badan paling disukai, kandungan gula di dalam alpukat tidak membahayakan program yang sedang Anda lakukan. Lemak tak jenuh tunggal di dalamnya sangat berguna menurunkan kolesterol di dalam darah.

Di antara lima buah yang kita bahas, anggur adalah buah yang paling baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Anggur akan membuat Anda mengkonsumsi asupan kalori lebih sedikit dari yang Anda bakar. Intinya, pembakaran kalori di dalam tubuh akan lebih banyak ketimbang kalori yang masuk melalui makanan.

Buah anggur memiliki ragam jenis dan yang paling umum kita temui di Indonesia adalah anggur hijau dan merah. Untuk program penurunan berat badan, anggur bisa dibuat jus, jelly, minuman anggur, kismis, minyak biji anggur atau cukup dimakan langsung selagi masih segar.

Apel

Apel wajib dimasukkan kedalam 5 buah penurun berat badan paling disukai karena kandugan di dalamnya yang mengandung kadar lemak rendah dan serat tinggi. Anda bisa memakan apel jenis apapun yang Anda sukai dan bila dikonsumsi secara teratur, Anda akan melihat bagaimanan apel membantu program penurunan berat badan yang sedang Anda jalankan.

Karena berlemak rendah, mengkonsumsi apel tidak akan membuat tubuh Anda menimbun kalori. Lemak akan terbakar di dalam tubuh menjadi energi. Sementara, kandungan serat di dalamnya akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Seperti sudah dijelaskan di atas, serat tidak bisa dicerna dan pergerakannya sangat pelan karena sulit dicerna. Rasa kenyang akan menghindari ngemil dan kelaparan berlebihan pada jam menjelang makan siang atau makan malam. Inilah sebab utama apel dimasukkan ke dalam 5 buah penurun berat badan paling disukai.

Agar berat badan Anda cepat turun, Anda mengkombinasikan apel dengan beberapa buah lain seperti pir dan jeruk. Kedua buah ini, selain tinggi akan serat, juga memiliki kadar air yang tinggi sehingga membuat lambung Anda meregang, merasa kenyang tanpa kalori.

Apel paling dikonsumsi tanpa membuang kulitnya. Jadi, jika Anda selalu makan apel tanpa kulit, mulailah membiasakan menggigit apel dengan kulitnya karena kulit apel ternyata mampu membuat kadar gula dalam darah naik dengan lambat karena glicemic index yang rendah. Anda juga bisa mendapatkan makanan dengan rendah glicemic index pada sayuran hijau yang memiliki serat pada daun dan batang.

Perlu didukung kontrol asupan dan porsi makanan sesuai kebutuhan serta olahraga agar berat badan Anda cepat turun. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi 5 buah penurun berat badan paling disukai.