langsing5 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami

5 cara ampuh menurunkan berat badan secara alami yang akan kita bahas di artikel ini tidak berkaitan dengan obat-obatan baik yang herbal maupun kimia. Tapi, cara alami yang akan kita tempuh tidak bisa menjanjikan penurunan berat badan secara drastis dan singkat, atau bahkan sangat mudah. Perlu beberapa rombakan yang berkaitan dengan pola makan dan gaya hidup Anda sekarang, dan yang pasti, memerlukan pengorbanan, tapi yang pasti bukan uang. Cukup konsistensi dan waktu Anda. Jadi, inilah cara paling ampuh yang bisa Anda lakukan di rumah.

Makan Teratur

Ada salah pengertian di antara kita, bahwa kalau kita melewatkan makan, baik sarapan ataupun makan siang, maka berat badan kita akan turun. Padahal yang terjadi justru sebaliknya. Jika Anda melewatkan sarapan atau makan siang, justru tubuh kita akan cenderung menumpuk lemak karena tubuh kita membutuhkan energi agar bisa berfungsi secara efektif.

Jadi, bisa dikatakan, makan teratur adalah salah satu dari 5 cara ampuh menurunkan berat badan secara alami. Namun, jika Anda melewatkan makan, Anda membiarkan tubuh Anda kelaparan dan ketika waktunya makan, tubuh Anda akan menyimpan lemak. Lemak ini akan digunakan lagi jika Anda kembali merasa kelaparan. Selain itu, melewatkan makan juga malah memperlambat metabolisme tubuh sehingga akan menyebabkan penumpukan lemak ekstra.

Olahraga Teratur

Jika dulunya tidak Anda jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, mulai sekarang, mulailah berolahraga. Olahraga yang baik dan yang bisa menurunkan berat badan secara konsisten harus dilakukan secara teratur. Ini karena, tubuh kita memerlukan aktifitas fisik untuk pembakaran lemak. Lemak yang disimpan di dalam tubuh dan menumpuk akan semakin terakumulasi jika tidak dibakar.

Jika Anda memiliki waktu luang dan uang, Anda bisa pergi ke gym untuk olahraga dan membakar kalori. Namun, jika Anda terlalu sibuk sehingga tidak mungkin untuk menyepatkan diri Anda ke gym, Anda bisa melakukannya di rumah atau mebiasakan diri dengan memperbanyak aktifitas fisik. Meskipun sederhana, ini adalah salah satu dari 5 cara ampuh menurunkan berat badan secara alami.

Nah, Anda bisa memulai dengan tidak menggunakan untuk bepergian dalam jarak dekat atau ke kantor. Gunakan hanya sangat diperlukan saja. Dengan begitu, Anda harus berjalan kaki dan ini bagus untuk membantu pembakaran kalori. Berjalanlah dua blok ke kantor atau ke supermarket sebagai permulaan.

Di samping itu, akan sedikit hemat untuk kantong Anda. Gunakan tangga untuk ke lantai atas ketimbang lift. Tubuh akan terbiasa aktif membakar kalori. Olahraga juga bisa dilakukan di rumah seperti naik turun tangga, sit up, push up, berlari keliling kompleks, bersepeda dan lain-lain. Cari saja kegiatan yang menyenangkan dan mengeluarkan keringat.

Tidur Berkualitas

Tidur adalah salah satu dari 5 cara ampuh untuk menurunkan berat badan secara alami. Terdengar tidak mungkin, bukan, apalagi stigma tukang tidur identik dengan kelebihan berat badan. Bagaimana tidur yang berkualitas bisa menurunkan berat badan?

Tubuh kita memerlukan waktu untuk memulihkan kondisi tubuh yang lelah setelah seharian beraktifitas atau bekerja. Bahkan, banyak dari kita yang harus lembur sampai malam. Kondisi ini membuat tubuh lelah. Pemulihan tubuh dengan tidur harus cukup. Kita memerlukan kira-kira 8 jam untuk tidur per harinya. Dengan cukup tidur yang berkualitas, metabolisme di dalam tubuh menjadi lancar dan ini memberikan efek pada pencernaan, penyerapan makanan dan pembakaran kalori. Selain itu, tidur juga menurunkan stress. Stress juga berdampak buruk pada metabolisme tubuh.

Makan Sehat

Tubuh perlu kalori cukup dan tidak berlebihan. Ini disebut makan sehat dan bisa menjadi salah satu 5 cara ampuh menurunkan berat badan secara alami. Untuk mendukung program penurunan berat badan yang sedang kita lakukan, pililha makanan dengan rendah kalori dan mengandung serat (fiber) tinggi. Contoh yang paling mudah ditemui adalah sayuran hijau dan buah-buahan.

Serat dari tumbuhan atau buah yang sudah mengikat air akan membentuk gel di dalam tubuh dan tidak bisa dicerna. Gel ini akan bergerak pelan di dalam usus sehingga menjaga kita tetap kenyang dan tidak ada kalori yang diserap oleh tubuh. Itulah mengapa, makanan berserat akan membantu menurunkan berat badan.

Ada banyak makanan yang berkalori rendah. Asupan karbohidrat dan lemak harus diseleksi dan asupan protein ditingkatkan. Yakinkan menu yang Anda makan juga terdapat vitamin dan mineral karena ini termasuk dalam 5 cara ampuh menurunkan beart badan secara alami. Jika nutrisi lengkap, tubuh juga lebih sehat karena mampu mencegah masuknya penyakit dan infeksi. Beberapa makanan tidak sehat seperti fasfood dan junkfood harus dihindari sejauh mungkin.

Kurangi Porsi Makan

Anda mungkin sudah mengambil jenis makanan yang benar, tapi masih bisa melakukan kesalahan. Agar penurunan berat badan Anda berjalan secara efektif, pastikan porsi makan Anda dikurangi. Agar porsi Anda lebih sedikit tapi tampak penuh, Anda bisa menggunakan piring berukuran kecil. Ini akan membantu Anda menurunkan jumlah asupan kalori dan membantu proses penurunan berat badan Anda lebih mudah dan cepat.

Nah, tidak ada embel-embel obat-obatan di sini. Perlu kesabaran dan komitmen kuat untuk menempuh cara alami. Yang pasti, Anda akan bisa merasakan hasil dari 5 cara ampuh menurunkan berat badan secara alami di atas.