olah-raga-mengecilkan-perut-buncitBagi kebanyakan orang mempunyai perut buncit tentu tidak nyaman, bukan hanya bagi wanita saja, tetapi para pria juga merasakan hal yang sama. Hal yang paling mengganggu adalah dari segi penampilan fisik.

Mengapa seseorang dapat mempunyai perut buncit? Mungkin hal ini pernah terlintas di benak Anda. Ada bebrapa faktor yang membuat seseorang mempunyai perut buncit, yaitu faktor lemak menumpuk di daerah perut, otot bagian perut yang tidak terlatih dengan baik, dan khusus untuk wanita yang sudah melahirkan, biasanya akan tersisa sedikit gelambir kulit sisa kehamilan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Cara mengatasinya tentu saja cukup mudah. Anda dapat melakukan proses diet, mengkonsumsi makanan rendah kalori, atau bahkan dapat melakukan olahraga tertentu secara teratur. Laluolahraga untuk mengatasi perut buncit itu apa saja ?

  1. Lari

olahraga-teraturOlahraga pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan bagian perut adalah dengan cara berlari. Ada banyak sekali manfaat dari olahraga yang satu ini, tidak hanya mengecilkan perut, tetapi juga dapat melatih berbagai otot yang ada di dalam tubuh.

Dengan berlari, seluruh otot dalam tubuh akan bergerak secara maksimal. Hal ini yang akan memicu kinerja tubuh menjadi lebih baik, baik itu pernafasan, sistem pencernaan, dan hal lainnya.

Olahraga lari juga akan memaksa tubuh untuk mengeluarkan energi lebih, dan energi tersebut hanya akan didapat dari berbagai macam lemak yang ada di dalam tubuh, salah satnya adalah dari bagian perut.

Apabila Anda ingin melakukan olahraga lari ini, sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Lakukan selama minimal 15 menit, jika Anda belum terbiasa belari. Namun jika Anda sudah terbiasa berlari, sebaiknya dilakukan selama 1 jam.

Tidak perlun berlari cepat, jogging atau berlari-lari kecil juga cukup menguras energi dan lemak yang ada di dalam tubuh, terutama lemak di bagian perut. Ini akan membuat lemak di perut akan menghilang dan otot perut akan mulai terbentuk.

  1. Sit up

olah-raga-sit-upOlahraga lainnya yang dapat Anda lakukan untuk melatih tubuh Anda adalah dengan melakukan sit up. Jenis olahraga yang satu ini tentu dapat Anda lakukan di dalam rumah. Simple, namun cukup efektif untuk membuat lemak di bagian perut terbakar. Cara melakukan olahraga ini cukup mudah,

–               Pertama-tama baringkan tubuh di atas lantai secara terlentang. Kemudian tekuk kedua lutut, hingga membentuk segitiga. Untuk tangan Anda dapat menyimpannya di belakang kepala, di depan dada, atau di pengger leher.

–               Berikutnya adalah ayunkan tubuh keatas mendekati lutut, kemudian kembali berbaring. ketika tubuh mengayun ke atas, tahan nafas selama beberapa detik, dan ketika Anda kembali berbaring, buang nafas Anda secara perlahan, dan bukan disentak sekaligus.

Cara seperti ini sebaiknmya Anda lakukan secara rutin. Apabila belum terbiasa, sebaiknya lakukan selama 10 kali, kemudian istirahat dengan cara berbaring. Lakukan latihan tersebut selama 5 kali 10 kali, sambil diselingi oleh istirahat.

Apabila Anda sudah cukup kuat, Anda tentu dapat melakukan latihan ini selama minimal 15 menit atau bahkan lebih.

Gerakan ini akan membakar lemak perut bagian atas dan bawa, samping kiri dan kanan. Latihan ini juga akan membentuk otot perut menjadi lebih baik. Hingga akhrinya perut buncit menjadi kempis.

  1. Bersepeda

olah-raga-bersepedaOlahraga berikutnya adalah bersepeda. Khusus untuk Anda yang mempunyai sepeda, tidak ada salahnya jika Anda setiap pagi melakukan olarhaga bersepeda keliling lingkungan rumah selama minimal ½ jam atau bahkan 1 jam.

Olahraga ini akan melatih otot perut dan juga otot paha. Ketika, Anda melakukan gerakan, mengayuh sepeda, maka gerakan ini akan melatih otot paha dan betis. Lemak yang berada di bagian paha dan betis akan terkikis secara perlahan, dan otot akan terbentuk dengan baik.

Yang tidak banyak orang sadari, ketika melakukan olahraga ini, adalah, ketika menunduk untuk memegang stang sepeda, posisi perut akan sedikit tertekan, hal ini yang membuat otot perut menjadi terlatih. Lemak di dalam perut akan terkikis secara perlahan, dan otot perut akan terlatih dengan baik.

Agar kegiatan olahraga ini semakin menyenangkan, sebaiknya Anda mengajak saudara atau orang terkasih untuk ikut serta melakukan olahraga bersepeda ini, jika tidak ada, mungkin mendengarkan musik, menjadi salah satu teman setia untuk olahraga tersebut.

  1. Bycicle Exercise

olah-raga-bycicle-excerciseNamanya memang bycicle exercise, tetapi olahraga ini tidak menggunakan sepeda sama sekali. Nama ini sendiri diambil, karena gerakan olahraga ini memang mirip ketika Anda sedang melakukan olahraga bersepeda. Adapun cara melakjukannya adalah :

–               Atur posisi tubuh agar terlentang di lantai. Tekuk kedua lutut hingga membentuk segitiga.

–               Pertemukan kedua telapak tangan Anda di belakang kepala, dengan posisi lengan dan siku terbuka.

–               Kemudian angkat kaki kanan ke atas. Angka juga kepala hingga perut, pertemukan siku kiri dengan lutut bagian kanan. Kemudian turunkan kembali

–               Kemudian lakukan gerakan yang sebaliknya, pertemukan lutut kiri dengan siku bagian kanan, turunkan kembali.

–               Lakukan gerakan ini secara bergantian antara kanan dan kiri,

Melakukan latihan seperti ini juga tidak terlalu sulit. Anda dapat melakukan latihan ini di dalam rumah.

Ketika melakujkan olahraga ini otot kaki dan juga otot perut akan terbentuk, karena pada latihan ini, lebih difokuskan untuk membakar lemak pada bagian kaki dan juga perut. Anda dapat melatih gerakan ini, selama 10 menit, jika sudah terbiasa tidak ada salahnya jika menambah durasi olahraga menjadi 10 menit atau bahkan lebih.

  1. Vertical leg Crunch

olah-raga-vertical-crunchOlahraga terakhir yang dapat Anda lakukan dirumah tanpa menggunakan alat apapun adalah Vertical leg Cruch. Olahraga ini juga cukup sederhana, dan juga mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah ;

–               Atur posisi berbarin terlentang di atas lantai. Angkat kedua kaki ke atas, sedangkan kedua tangan diletakkan di belakang kepala.

–               Silangkan kedua kaki di atas, kemudian angkat tubuh keatas, dari bagian kepala hingga perut.

–               Tahan selama beberapa detik, kemudian kembali berbaring. Ketika berbaring, posisi kaki, masih tetap diangkat ke atas.

–               Usahakan ketika berbaring atur nafas dengan baik, dan tahan ketika Anda hendak melakukan barusan.

Jika dilihat herakan ini memang mirip dengan gerakan  sit up namun dengan posisi kaki diangkat ke atas. Lakukan gerakan ini selama 5 hingga 10 menit pertama, jika and sudah terbiasa, tambah durasi menjadi 10 menit lebih.

Posisi seperti ini sanagt melatih otot bagian perut dan juga otot paha. Lemak yang berada di dalam perut dan juga paha akan terbakar secara perlahan, hingga hasilnya lemak di bagian perut dan paha akan hilang.

Tentu tidak sulit melakukan beberapa olahraga yang baru saja disebutkan. Dengan melakukan secara rutin, minimal 15 menit setiap hari, maka dalam jangka waktu beberapa lama, lemak yang ada di bagian perut akan menghilang, hingga akhirnya perut menjadi langsing. Demikianlah ulasan mengenai olahraga untuk mengatasi perut buncit, semoga berguna untuk Anda semua.