penyakit-perut-buncit5 Penyakit Berbahaya Akibat Perut Buncit Yang Dibiarkan tentu akan sangat berbahaya terlebih jika dibiarkan terus-menerus.  Seperti kita tahu bahwa kesehatan sangat penting untuk dijaga, tidak heran jika ada istilah bersih pangkal sehat.  Definisi bersih bukan hanya dengan mandi, karena kebersihan juga berarti bersih dari luar dan dalam.

Kebersihan dari luar bisa kita tempuh dengan rajin membersihkan tubuh, agar kuman dan bakteri penyebab bau badan dan penyakit bisa setidaknya pergi sehingga sistem kekebalan tubuh kita menjadi meningkat.  Hal itu tentu akan menyebabkan tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Sedangkan dari dalam tentu saja menjaga kebersihan asupan makanan dan minuman.  Selektif dalam memilih apa saja yang akan kita konsumsi.  Apalagi makanan berpengaruh langsung terhadap keseimbangan tubuh.  Kita tahu bahwa kekurangan atau terlalu banyak mengonsumsi sesuatu akan berakibat pada kesehatan tubuh, salah satunya adalah konsumsi lemak.

Lemak adalah senyawa yang penting untuk tubuh kita.  Bersifat menjadi cadangan tenaga, ternyata lemak juga bisa menjadi sumber penghangat tubuh.  Lemak yang notabenya menjadi cadangan makanan akan disimpan di bawah kulit.  Persentase lemak didalam tubuh manusia maksimal adalah 3%.  Lantas apa yang terjadi jika lemak di dalam tubuh sangat banyak jumlahnya?

Ada banyak sekali gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh timbulnya timbunan lemak dibawah kulit.  Yang paling utama adalah tubuh mengalami peningkatan barat badan, lama kelamaan akan membuat seseorang kegemukan dan bahkan jika terus dibiarkan orang tersebut akan mengalami obesitas.

Obesitas sendiri paling mudah untuk dilihat dan dicermati apalagi di bagian perut.  Karena perut merupakan tempat organ pencernaan berupa usus, lambung dan lain-lain yang fungsi utamanya memang untuk mencerna makanan. Perut yang buncit di ikuti bagian tubuh lain yang membesar adalah ciri-ciri obesitas.

Perut buncit bukan hanya akan menurunkan rasa percaya diri, lebih dari itu ternyata perut dengan ukuran besar juga beresiko untuk menimbulkan gangguan kesehatan yang akan sangat berbahaya apabila tidak segera diatasi.  Karenanya penting untuk menjaga pola makan atau berolah raga agar lemah di tubuh bisa disingkirkan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menyampaikan sebuah artikel yang berisi tentang 5 Penyakit Berbahaya Akibat Perut Buncit Yang Dibiarkan.  Tentu ini akan sangat bermanfaat baik laki-laki atau kaum perempuan.  Karena menjaga kesehatan sekaligus penampilan adalah kewajiban semua orang.

  1. Timbulnya penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi penyebab kematian yang paling banyak diderita atau dialami oleh masyarakat di seluruh dunia.  Hal itu tidak terlepas dari gaya hidup manusia modern yang kurang bergerak sehingga timbunan lemak akan semakin banyak.

Meski penyakit jantung bisa juga diakibatkan oleh faktor keturunan, tetapi ternyata penyakit jantung paling banyak disebabkan oleh perut buncit yang dialami oleh seseorang.  Seperti kita  tahu bahwa lemak yang berlebihan  di seluruh tubuh akan tertimbun di bawah kulit serta pembuluh darah.

Penyakit jantung sendiri diakibatkan oleh aliran darah dari dan menuju ke jantung yang tidak dapat teraliri dengan sempurna.  Akibatnya darah aliran darah dapat pecah dan terbuka.  Untuk itu kita perlu melakukan tindakan pencegahan dengan menurunkan berat badan terutama di bagian perut yang buncit.

Adapun ciri-ciri dari adanya gangguan atau indikasi penyakit jantung antara lain ada nya nyeri yang dirasakan pada bagian dada terutama bagian dada sebelah kiri.  Jika terlambat melakukan pertolongan penderita nyeri di bagian jantung ini akan mengalami gagal jantung.

Sebelum penyakit tersebut menyerang kita, ada baiknya kita melakukan upaya untuk mengempiskan perut buncit.  Selain olahraga kita juga bisa melakukan detoksifikasi atau pembuangan racun serta zat yang tidak berguna di dalam tubuh terutama bagian perut.

  1. Timbulnya penyakit stroke

Selain penyakit jantung, penyakit stroke juga menjadi momok yang menakutkan terutama bagian anda yang mengalami perut buncit.  Penyakit stroke sendiri diakibatkan oleh sempitnya pembuluh darah yang ada di dalam tubuh.  Penyempitan ini disebabkan karena kandungan lemak yang berlebihan.

Istilah yang digunakan untuk mengungkapkan banyaknya lemak dalam pembuluh darah yaitu Aterosklerosis.  Penyempitan pembuluh darah inilah yang juga menjadi salah satu pemicu tingginya tekanan darah pada seseorang.  Penyakit stroke umumnya terjadi secara mendadak.

Biasanya seseorang akan jatuh pingsan atau tidak sadarkan diri ketika stroke menyerang.  Setelah siuman penderita akan merasakan bahwa ada sebagian anggota tubuhnya yang sulit digerakan atau lumpuh.  Lumpuh ini ada yang bersifat permanen dan sementara.  Tentu saja lumpuh akan membuat aktivitas penderita menjadi terhambat dan terganggu.

  1. Timbulnya penyakit diabetes

Diabetes atau penyakit gula adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh mereka yang memiliki perut buncit.  Perut buncit yang diakibatkan oleh konsumsi makanan yang berlebihan, apalagi makanan tersebut mengandung gula. Garam dan lemak dalam jumlah yang tidak sedikit.

Gula yang berlebihan masuk ke dalam tubuh terkadang tidak dapat diubah menjadi insulin karena kerusakan ginjal akhirnya penderita diabetes mengalami masalah dan gangguan kesehatan lainnya.  Diabetes memang bisa diturunkan dari orang tua kepada anak.  Namun saat ini gaya hidup yang tidak sehat menyebabkan banyak penderita diabetes yang disebabkan oleh kebiasaan buruk mereka sendiri.

Diabetes sendiri ada 2 jenis yaitu diabetes absah dan diabetes kering.  Diabetes kering terjadi pada orang yang tubuhnya kurus kering.  Sedangkan diabetes basah ditujukan kepada penderita diabetes yang memiliki tubuh gemuk dan sehat namun kadar gula tinggi.

Apapun jenisnya, diabetes tetaplah penyakit berbahaya yang merupakan bagian dari 5 Penyakit Berbahaya Akibat Perut Buncit Yang Dibiarkan.  Karenanya jika anda menderita perut buncit segera periksa kadar gula anda dan lakukan pencegahan diabetes sedini mungkin.

  1. Timbulnya penyakit kanker

Kanker juga bisa disebabkan oleh perut buncit.  Kesehatan sistem pencernaan harus kita jaga.  Salah satunya dengan memperhatikan apa saja makanan dan minuman yang yang kita konsumsi serat membatasi atau bahkan menghindari bahan makanan yang berbahaya bagi tubuh, seperti penyedap, pewarna, pengawet bahkan perasa.

Seperti kita tahu bahwa banyak dari bahan-bahan tersebut yang dibuat dengan bahan kimia atau bahan sintesis yang tidak akan larut dalam tubuh.  Bukan tidak mungkin bahkan tersebut akan mengendap di dalam tubuh dan akan menjadi pemicu sel-sel kanker untuk berkembang.

Kanker usus besar, kanker pankreas, kanker ginjal, kanker empedu adalah beberapa jenis penyakit kanker yang sangat rentang menyerang orang-orang dengan perut buncit.

  1. Timbulnya penyakit gangguan pernapasan

Kita bernafas tentu saja karena jantung yang memompa darah.  darah yang berisi oksigen dan nutrisi penting disebarkan ke seluruh tubuh dan salah satunya digunakan untuk bernafas.  Jika pembuluh darah tertutup lemak, tentu jantung juga akan mengalami kesulitan yang sama.

Hal itulah yang membuat orang bisa saja mengalami gangguan pernafasan.  Karena itu kita sangat perlu untuk menjaga kesehatan terutama menghindari timbunan lemak.  Sebab masalah gangguan pernafasan juga merupakan salah satu dari  5 Penyakit Berbahaya Akibat Perut Buncit Yang Dibiarkan.