pola-hidup-sehat5 Pola Hidup Sehat

Tahukah Anda bahwa lemak yang tertimbun di bagian perut merupakan salah satu jenis lemak paling berbahaya? Lemak di perut tersebut bisa menjadi indikator yang penting seperlu mendeteksi keberadaan suatu penyakit. Jadi bila Anda mendapati lemak bertumbuk di area perut, harap hati-hati. Cek kesehatan Anda dan lakukan pola hidup sehat mulai saat ini.

Lemak diketahui bersifat elastis yang secara langsung dipicu karena kenaikan berat badan dan hormon tubuh. Salah satu contohnya adalah stress yang menjadi penyebab primer dalam peningkatkan sekresi hormon kortisol tubuh. Sehingga berkaitan dengan hal ini Anda mesti mengontrol sekresi hormon kortisol tubuh.

Ada pula banyak faktor lain yang membuat perut buncit. Misal sembarang mengonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi karbohidrat, tinggi gula, dan lainnya. Semuanya adalah jenis makanan penyebab perut buncit. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Perut buncit dapat dicegah dengan mengupayakan pola hidup sehat. Adapun berikut 5 pola hidup sehat pencegah terjadinya perut buncit, yaitu:

  1. Makan Secara Teratur

makan-teraturSaat Anda ingin menghindari perut buncit mungkin Anda cenderung akan melakoni diet. Perlu dicatat, diet berarti membatasi atau mengatur makanan apa saja yang dikonsumsi dan bukan malah mengurangi waktu makan. Hal ini berarti Anda tetap harus makan secara teratur.

Perlu Anda tahu, melewatkan waktu makan pada kenyataannya lebih berisiko meningkatkan kadar kortisol. Hal inilah yang membuat lemak yang tersimpan akan lebih banyak, terutama di bagian perut. Karena itu makanlah secara teratur saat sarapan, makan siang, dan makan malam lalu pilih menu makanan sehat.

Mengonsumsi buah dan sayur segar seperti salad setiap hari ampuh mengurangi timbunan lemak di bagian perut. Namun, pastikan Anda tidak menambahkan salad dressing yang dibuat menggunakan bahan lemak. Karena salad dressing tinggi kalori dan lemak trans yang malah membuat perut buncit. Dalam salad dressing biasanya juga terdapat gula, sirup jagung, dan MSG.

Artinya penting pula untuk memilih makanan apa saja yang baik Anda konsumsi. Dalam hal ini mengonsumsi buah dan sayur segar yang kaya vitamin C membantu menekan risiko perut buncit. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi dalam produksi kanitin. Vitamin C itu sendiri bisa Anda dapatkan dari buah dan sayur seperti jeruk, paprika, kale, dan brokoli.

  1. Menghindari Makanan Penyebab Perut Buncit

junk-foodSejumlah makanan diketahui bersiko membuat perut buncit lebih cepat. Salah satunya adalah makanan tinggi gula. Hindari makanan manis berlebih seperti permen atau kue. Konsumsi gula berlebih membuat perubahan tinggi pada kadar gula dalam darah dan memicu tumpukan lemak terutama di area perut.

Beberapa orang juga diketahui memiliki masalah dalam pencernaan gula buatan. Dimana akan timbul gas dan gangguan pencernaan seperti diare. Bila Anda merasa Anda memiliki gangguan yang sama, maka lebih baik memang membatasi dan mengurangi asupan gula. Adapun lebih baik yaitu gula alami dari buah dan sayur.

Sebenarnya penyebab perut buncit paling utama adalam makanan berlemak. Namun, jangan salah. Karena tidak semua lemak itu jahat. Ada pula lemak sehat yang dapat mencukupi kebutuhan lemak sehat tubuh dan berperan penting dalam diet. Adapun lemak sehat tersebut bisa Anda dapatkan dari sumber makanan seperti kenari, alpukat, dan minyak zaitun.

Selain makanan, ada pula minuman yang perlu Anda hindari agar perut tidak semakin buncit. Minuman bersoda, minuman beralkohol, dan kopi menjadi beberapa jenis minuman yang harus Anda hindari. Akan lebih baik bila Anda lebih sering minum air putih dan menghindari minuman berkarbonasi. Minuman bersoda hanya akan membuat perut kembung dan membuncit.

  1. Kelola Stress

kelola-stressHormon Kortisol berkaitan langsung dengan pengelolaan stress. Saat Anda merasakan stress, maka memicu kenaikan hormon kortisol. Kondisi inilah yang amat mendukung kenaikan berat badan, kenaikan risiko peradangan, dan sekaligus penurunan imun tubuh.

Oleh karena itu, luangkan waktu sejenak untuk bersantai. Meski Anda hanya bersantai beberapa menit saja efeknya bisa terasa nyata seperlu mengatur kortisol agar seimbang dan tubuh tidak melulu stress atau tertekan.

Bila Anda cukup sibuk melakukan segudang aktivitas dan membuat psikis Anda tertekan, sebaiknya atur kembali jadwal Anda. Atur agar mendapatkan pola hidup sehat seperlu menghindari risiko sejumlah penyakit yang bisa jadi timbul saat stress tidak bisa Anda kendalikan dengan baik.

Khusus untuk wanita, lakukan antisipasi PMS (Pre Menstrual Syndrome). Bila sebelum masa haid Anda kerap merasa lebih buncit di bagian perut, maka pastikan Anda mendapat asupan magnesium dan kalsium tiap harinya. Kedua asupan gizi tersebut diketahui ampuh meredakan gejala PMS yang diantaranya berupa perut kembung dan juga perut buncit.

  1. Istirahat cukup

istirahat-cukupMasih banyak yang menganggap harus aktif bergerak agar lemak tidak betah bersarang lama di perut. Memang Anda perlu aktif bergerak, namun ingat pula untuk mengistirahatkan tubuh Anda. Tubuh membutuhkan waktu istirahat cukup seperlu memperbaiki kondisinya. Sehingga bisa kembali sehat dan bugar.

Bukan hanya itu saja. Tidur ternyata penting pula artinya dalam upaya menjaga berat badan. Dari hasil penelitian didapati, seseorang yang terlalu sedikit tidur dan waktu tidurnya tidak berkualitas berisiko pada peningkatan berat badan, peningkatan risiko sakit jantung, diabetes, dan cenderung ingin makan makanan tidak sehat.

Oleh sebab itu, pastikan Anda memiliki waktu istirahat cukup. Dapatkan pula waktu istirahat yang berkualitas. Sehingga tubuh Anda tidak hanya terasa segar saat bangun tetapi lebih mudah pula dalam menjaga tubuh supaya tetap langsing ideal. Pastinya juga tetap sehat.

  1. Olahraga dan Latihan Secara Teratur

olahraga-teraturAgar bisa menjaga berat badan ideal dibutuhkan pula pola hidup sehat berupa olahraga dan latihan teratur. Bila Anda memang ingin terhindar dari ancaman perut buncit sebaiknya lakukan latihan sit up yang bermanfaat membentuk otot perut.

Adapun bentuk latihan lain yang dapat pula Anda lakukan yaitu melompat tali. Meski Anda hanya berlatih melompat beberapa kali, latihan ini terbilang efektif untuk memangkas lemak tubuh. Tidak terkecuali lemak yang tertimbun pada perut Anda.Selain latihan sit up dan lompat tali masih banyak pula jenis latihan lain yang berkhasiat mengurangi lemak tubuh.

Demikian 5 pola hidup sehat pencegah terjadinya perut buncit. Perut buncit sejatinya tidak hanya mengganggu penampilan Anda saja. Lebih dari itu. Ada pula risiko kesehatan yang cukup mengancam dan membahayakan. Pasalnya seperti yang sekilas disebutkan di atas, perut buncit bisa menjadi indikasi suatu penyakit yang bersarang dalam tubuh.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang coba lebih peduli dengan kesehatan Anda sendiri. Tentu mencegah lebih baik daripada mengobati. Meskipun benar, mengatasi perut buncit bukan hal mustahil untuk dilakukan. Selama ada kesungguhan niat, pastinya tubuh ideal yang akan Anda dapatkan. Sekian dan semoga memberi ulasan informasi bermanfaat.