5-tips-diet-sehatTips diet untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat sama sekali tidak menggunakan obat-obatan baik yang kimia ataupun yang katanya herbal. Kalau kita bisa mengubah pola makan dan gaya hidup kita sekarang dengan pola yang sehat, menurunkan berat badan secara cepat dan alami bisa jadi kenyataan. Cepat tidaknya penurunan berat badan tergantung pada banyaknya kalori yang terbakar tiap harinya. Cara paling cepat membakar kalori adalah dengan olahraga. Jadi, meskipun tidak ada bubungannya dengan diet, olahraga turut menyumbang seberapa sukses penurunan berat badan Anda.

Nah, selain olahraga, ada beberapa tips diet agar berat badan Anda cepat turun.

Perbanyak Makan Sayuran dan Buah

Nah, selain membakar kalori, kita juga harus mulai mengatur asupan kalori dari makanan yang kita makan. Kalau biasanya Anda makan makanan berat, yang mengandung tinggi karbohidrat dan lemak, alangkah baiknya jika mulai sekarang menggantinya dengan sayuran dan buah.

Karbohidrat dan lemak mudah dicerna sehingga penyerapannya sangat efektif. Berbeda dengan sayuran dan buah yang banyak mengandung serat atau fiber. Fiber inilah yang menjadi tips diet untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat.

Fiber, khususnya yang bisa mengikat air, di dalam tubuh akan membentuk semacam gel. Sifat gel ini tidak bisa dicerna dan proses gerakannya di dalam usus sangat lama. Karena lama, kita cenderung kenyang lebih lama dan karena tidak bisa dicerna, berarti tidak ada penyerapan kalori. Hasilnya, selera makan kita akan berkurang. Tubuh pun akan cenderung membakar kalori yang tersimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak.

Perbanyaklah buah-buahan seperti nanas, pepaya, apel, dan lain-lain, beserta sayuran hijau ke dalam menu harian Anda.

Banyak Minum Air Putih

Hubungan air putih dengan penurunan berat badan memang tampak tidak ada. Tapi, air putih sangat membantu Anda dalam menunda lapar dan mengontrol jumlah asupan makanan yang dimakan.

Air putih mengandung zero kalori dan inilah tips diet untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat. Anda sangat disarankan diminum sebelum makan agar lambung terisi. Saat makan, kita sudah merasa sedikit kenyang sehingga porsi yang kita makan bisa berkurang.

Air putih juga mampu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Pencernaan makanan pun dan penyerapan menjadi lancar dan efektif. Yakinkan asupan air putih harian Anda mencukupi. Kita memerlukan 8 gelas per hari atau sekitar 1,5 liter. Agar berat badan turun dengan cepat, air putih hendaknya dikonsumsi tidak hanya sebelum makan tapi juga sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Atur Pola Makan

Sudah saatnya Anda mengatur pola hidup sehat, termasuk pola makan. Pola makan yang sehat adalah bagian dari tips diet untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat. Pola makan berkaitan dengan tiga hal: menu, cepat tidaknya makan dan pengaturan waktu makan malam.

Menu harian Anda harus terdiri dari makanan bergizi seimbang. Semua gizi harus terpenuhi dengan porsi sesuai kebutuhan. Akan lebih baik jika Anda mengganti karbohidrat dan lemak dengan makanan kaya akan protein. Kedua, makanlah dengan sewajarnya, tidak terlalu cepat. Berikan waktu kepada tubuh Anda untuk mencerna. Jika kita makan terlalu cepat, kita tidak tahu kapan merasa kenyang sehingga kita makan berlebih, yang artinya kalori pun berlebih.

Ketiga, pengaturan waktu makan malam harus benar. Usahakan selalu makan malam 3-4 jam sebelum Anda pergi tidur. Ini menjadi salah satu tips diet untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat. Dengan begitu, tubuh kita akan memiliki waktu untuk mencernanya dan membakar kalori.

Tetap Sibuk dan Beraktifitas

Membunuh rasa ingin makan itu sangat sulit jika kita tidak punya kegiatan. Lihatlah orang-orang yang cenderung obesitas karena kurang bergerak atau tidak punya kegiatan. Jadi, agar berat badan Anda cepat turun, selalulah aktif bergerak baik ketika bekerja maupun di rumah. Bergerak akan membantu tubuh kita membakar kalori dan melupakan rasa lapar yang kita rasakan di saat jam-jam menjelang makan siang atau malam. Akhirnya, kita bisa terhindar dari ngemil dan makan sebelum waktunya.

Jangan Melewatkan Waktu Makan

Hal penting sebelum Anda memulai aktifitas di pagi hari adalah sarapan. Nah, sarapan pagi adalah salah satu tips diet untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat. Tapi, menunya harus seimbang dan sehat. Begitu pula dengan makan siang dan makan malam. Waktunya makan, kita harus makan (asal porsi yang wajar, sehat dan seimbang, perbanyak sayuran dan protein).

Banyak orang yang melewatkan sarapan di pagi hari, atau tidak makan siang karena sibuk. Meskipun makan itu menghasilkan kalori, kita tetap memerlukannya. Melewatkan makan akan membuat kita lapar berlebihan dan makan berlebihan ketika tiba waktunya makan siang atau makan malam.

Itulah lima tips yang bisa Anda terapkan dari sekarang. Ingat, bahwa tips tersebut tidak akan berhasil tanpa usaha keras, dan sebagai permulaan, Anda harus tahu jumlah kalori yang Anda butuhkan. Dibarengi dengan olahraga rutin dan kontinu, maka program Anda akan berhasil dengan menerapkan tips diet untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat.