6-Konsep-Pola-Makan-Sehat6 Cara Menjaga Pola Makan, Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Menjaga pola makan kunci sukses menurunkan berat badan memang benar adanya. Meskipun Anda sudah makan makanan rendah karbohidrat, tinggi serat, dan dibarengi dengan olahraga, program penurunan berat badan Anda tidak akan berhasil. Bahkan, bukannya berat turun, tapi Anda bisa rentan terkena penyakit kronis seperti diabetes dan jantung. Lalu, pola makan seperti apa yang dianjurkan untuk mendukung program penurunan berat badan? Di bawah ini akan dijelaskan secara rinci mengenai pola makan yang sehat agar tubuh Anda selalu fit dan berat badan turun ideal.

Sarapan pagi

Para hali kesehatan akan mengatakan hal ini saat pertama kali Anda meminta saran untuk menurunkan berat badan. Sarapan penting untuk menurunkan berat badan dan ini malah tidak dilakukan sehingga menjadi salah kaprah diterapkan oleh banyak orang.

Sarapan adalah asupan pertama kali saat mengawali hari. Di saat kita banyak kegiatan dari pagi hingga sore, sarapan akan menjadi bahan bakar atau sumber energi utama dalam tubuh selama sekitar 6 jam menjelang makan siang. Menjaga sarapan sama saja menjaga pola makan kunci sukses menurunkan berat badan.

Dengan sarapan, metabolisme tubuh optimal sehingga pencernaan dan penyerapan makanan juga berjalan optimal. Selain itu, sarapan juga mengontrol rasa lapar sehingga kita menahan lapar hingga menjelang makan siang. Banyak dari kita yang melewatkan sarapan justru akan makan berlebihan pada waktu makan siang dan ini tidak baik untuk program penurunan berat badan yang sedang Anda jalankan.

Perbanyak Asupan Fiber

Fiber, yang sering kita sebut serat, dibutuhkan dalam jumlah besar jika Anda ingin tetap sehat ketika menurunkan berat badan. Fiber adalah salah satu komponen makanan yang paling sulit dicerna dan tubuh kita harus bekerja ekstra keras untuk memecahkannya. Bahkan, ketika fiber ini mengikat air dan menjadi gel, fiber tidak bisa dicerna dan diserap. Gerakannya di dalam tubuh khususnya usus halus dan besar yang lambat membuat kita merasa kenyang dalam waktu lama.

Itulah kenapa menjaga pola makan, kunci sukses menurunkan berat badan mencakup asupan fiber. Tubuh yang merasa kenyang membuat pembakaran kalori meningkat. Selain itu, fiber juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan yaitu menghilangkan racun berbahaya di dalam tubuh. Fiber bisa diperoleh dari sayuran hijau dan buah-buahan seperti jeruk, apel dan anggur.

Perhatikan Jam Makan Malam

Selain kita harus selalu sarapan, makan siang dan makan malam, yang harus kita perhatikan adalah jam makan malam. Jika sekarang ini Anda cenderung makan malam pada jam-jam menjelang makan malam atau makan malam kemudian tidur (meskipun dengan porsi wajar), segera rubah pola makan ini.

Kita bisa menjaga pola makan kunci sukses menurunkan berat badan berarti waktu makan malam kita harus 3-4 jam sebelum tidur. Selain itu, porsi makan lebih kecil dibanding makan siang karena kegiatan Anda pada malam hari cenderung ringan dan tidak memerlukan banyak kalori. Waktu 3-4 jam memberikan kesempatan pada tubuh untuk mencerna dan menyerap makanan sekaligus membakar kalori. Isi waktu jeda ini dengan kegiatan ringan seperti ngobrol atau berkumpul bersama teman dan keluarga.

Kontrol Asupan Makanan

Agar sehat, tubuh kita membutuhkan semua jenis nutrisi makanan dari karbohidrat, lemak, protein, mineral dan segala jenis vitamin. Dari semua nutrisi ini, yang harus kita perhatikan asupannya adalah karbohidrat dan lemak.

Karbohidrat dan lemak adalah sumber kalori yang paling besar sehingga asupan terhadap dua nutrisi harus cukup, tidak kurang atau lebih. Agar lebih sehat, pilihlah jenis makanan dengan rendah karbohidrat dan lemak. Inilah yang namanya menjaga pola makan kunci sukses menurunkan berat badan. Anda menemukannya pada kelompok makanan seperti beras merah, telur, daging (tanpa lemak atau kulit) dan ikan salmon.

Cukupi Asupan Air Putih

Air putih termasuk bagian dari pola makan sehat khususnya untuk program penurunan berat badan. Air putih yang cukup akan menjaga metabolisme tubuh Anda tetap lancar. Perlu diingat, metabolisme tubuh yang tidak lancar adalah salah satu efek samping dari penurunan berat badan.  Agar senantiasa fit sepanjang hari, asupan air putih harus mencapai 8 gelas per hari atau sekitar 1.5 liter.

Menjaga pola makan, kunci sukses menurunkan berat badan dengan air putih mesti memperhatikan waktu meminumnya. Yang pertama, waktu minum air putih sebaiknya sebelum makan. Ini akan mencegah Anda makan makanan berlebih. Kedua, air putih harus dikonsumsi kapanpun Anda merasa haus sehingga tubuh Anda terhindar dari dehidrasi. Selain itu, air putih akan menjaga tubuh merasa kenyang terutama di waktu menjelang waktunya makan siang atau makan malam.

Perhatikan Cara Memasak

Nah, untuk menghindari kalori berlebih, kita harus memperhatikan cara memasak. Hindari penggunaan minyak goreng, pengawet dan penyedap rasa makanan dalam memasak. Meskipun terasa lezat dan tahan lama, minyak goreng dan zat aditif seperti ini adalah sumber lemak tidak sehat. Mengukus dan merebus adalah cara terbaik memasak agar rendah kalori.

Keenam tips tersebut akan berhasil jika Anda mengkombinasikan dengan olahraga. Olahraga akan membantu pembakaran lemak lebih efektif dan tentu, kita senanitasa menjaga pola makan kunci sukses menurunkan berat badan.