lemon-alpukat8 Buah Ajaib Sebagai Penurun Berat Badan

Cara menurunkan berat badan dengan makan buah-buahan dinilai banyak orang sebagai metode efektif khususnya bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Cukup logis karena buah-buahan mengandung kaya serat serta rendah kalori dan lemak. Selain itu, buah juga mengandung tinggi vitamin, mineral dan anti oksidan. Namun demikian, kita tidak bisa menggeneralisasi bahwa semua buah mengandung zat-zat berguna seperti disebutkan di atas.

Maka sangat penting untuk mengetahui jenis buah yang cocok untuk menurunkan berat badan. Nah, berikut ini akan dijelaskan macam-macam buah yang ampuh untuk menurunkan berat badan dan mendukung program diet yang sedang Anda kerjakan.

Alpukat

Seringkali dibuat sebagai jus karena rasanya segar apalagi diminum pada siang hari nan terik, alpukat memiliki manfaat sebagai penurun berat badan. Alpukat memang mengandung lemak, tapi kandungan lemaknya adalah asam lemak yaitu asam oleat, senyawa lemak tak jenuh tunggal atau yang sering disebut dengan MUFAs. Senyawa ini membantu kita menahan lapar karena kemampuannya membuat perut kita selalu merasa kenyang. Karena itulah alpukat bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan dengan makan buah-buahan.

Pisang

Pisang dikenal ampuh menurunkan berat badan karena kandungan pati resisten di dalamnya. Pati ini adalah produk sampingan dari konversi beberapa senyawa karbohidrat menjadi energi. Tubuh kemudian dipaksa memanfaatkan lemak untuk menyimpan energi, bukan karbohidrat.

Pisang sebagai diet pertama kali dipopulerkan oleh apoteker asal Jepang yang ingin suaminya menurunkan berat badannya. Buah ini paling baik dikonsumsi pada saat pagi hari setelah sarapan. Setelah makan pisang ini, kita bisa memakan segala macam makanan kecuali yang mengandung lemak jenuh (trans lemak) ketika makan siang dan makan malam. Karena bisa menjadi opsi atau cara menurunkan berat badan dengan makan buah-buahan, pisang menjadi favorit para dieter.

Lemon

Di pagi hari sebelum Anda berangkat bekerja, usahakan untuk mengkonsumsi lemon yang dicampur dengan air hangat. Lemon, selain kandungan vitaminnya yang tinggi, juga meningkatkan metabolisme tubuh.

Campuran air hangat dan lemon akan membuat tubuh selalu cukup cairan. Di sisi lain, dehidrasi akan membuat tubuh kita cenderung menyimpan lemak karena organ hati mengalami kesulitan dalam pembakaran lemak. Lemak yang tidak berhasil dibakar akan disimpan. Nah, sangat jelas bahwa lemon menjadi cara menurunkan berat badan dengan buah-buahan. Sebagai perangsang pencernaan, lemon akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam penyerapan makanan sehingga kita selalu merasa kenyang.

Pir

pirSiapa yang tidak menyukai buah nan segar ini? Dikonsumsi pada waktu hari yang panas akan sangat menyegarkan. Namun, pir ternyata juga ampuh bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara sehat. Kandungan seratnya sangat tinggi sehingga membuat tubuh kita selalu merasa kenyang lebih lama. Karena tidak merasa lapar, kecenderungan untuk ngemil atau makan menjadi berkurang. Hasilnya, program diet untuk menurunkan berat badan pun akan sukses.

Perlu di catat bahwa, kandungan serat pir ini ternyata ada di dalam kulitnya. Jadi, kalau makan pir, usahakan untuk tidak mengupas kulitnya.

Jeruk Bali

Satu lagi buah yang bisa menjadi cara menurunkan berat badan dengan makan buah-buahan. Dia adalah jeruk bali, yang sama halnya dengan lemon, baik dikonsumsi pada waktu pagi hari.

Kandungan nutrisi dan enzim di dalam jerukbali cukup tinggi. Nutrisi dan enzim ini sangat penting dalam pembakaran lemak di dalam tubuh. Selain itu, kandungan anti oksidan dan vitamin C di dalamnya akan membantu tubuh senantiasa terlindungi infeksi dan sel dalam tubuh terlindungi dari kerusakan. Agar kita bisa merasakan manfaat jeruk Bali secara maksimal, hindari menambahkan gula pada waktu meminum di pagi hari karena gula adalah kalori yang akan menghambat program diet Anda.

Tomat

tomatPada proses menurunkan berat badan, pembakaran lemak adalah faktor paling utama penentu keberhasilan Anda. Nah, agar pembakaran lemak di dalam tubuh semakin efektif, tomat menjadi buah paling tepat agar menjadi cara menurunkan berat badan dengan makan buah-buahan.

Ini karena tomat mengandung likopen dan Vitamin C. Keduanya adalah rangsangan bagi produksi cratine, semacam asam amino yang akan meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Rasa tomat tomat memang tidak terlalu manis, bahkan cenderung kecut. Namun, hindari menambahkan gula ketika mengkonsumsi tomat dengan dibuat juice agar tidak kontra produktif dengan apa yang diusahakan.

Delima

Kalori di dalam tubuh didapat dari makanan. Jika kita makan karena lapar, maka kita perlu sesuatu untuk mengontrol nafsu makan kita. Inilah manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah delima. Buah ini akan menjaga kita dari mengkonsumsi kalori yang berlebih. Selain manfaatnya sebagai pendukung menurunkan berat badan, delima juga mengandung banyak antioksidan sehingga sangat ampuh untuk mengeluarkan racun atau toksin dari dalam tubuh.

Apel

Buah terakhir yang bisa kita manfaatkan untuk menurunkan berat badan adalah apel. Buah ini dikenal sabagai buah yang kaya akan serat sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama. Kita pun akan terhindar dari keinginan makan dan penumpukan kalori yang kemudian akan disimpan dalam bentuk lemak.

Nah, agar kita bisa memanfaatkan buah-buahan tersebut untuk menurunkan berat badan, kita juga harus mengimbanginya dengan berolahraga dan membatasi asupan gula. Tentu, dengan menggunakan cara menurunkan berat badan dengan makan buah-buahan di atas, berat badan pun menjadi ideal.