kebiasaan-buruk-menaikkan-berat-badan8 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menaikkan Berat Badan Secara Dramatis

Kebiasaan buruk ini bisa menaikkan berat badan, dan langkah pertama agar terhindar dari kegemukan atau kelebihan berat badan adalah dengan menghindarinya. Jika Anda berpikir makanan adalah satu-satunya penyebab naiknya berat badan ternyata tidak. Ini terkait dengan pola makan, apa yang dimakan, pola tidur dan olahraga. Untuk lebih jelasnya, informasi berikut ini akan membahas kebiasaan yang perlu Anda hindari agar berat badan tidak naik.

Diet Tanpa Konsultasi dengan Ahlinya

Dewasa ini, informasi sangat mudah didapat di internet, termasuk dalam hal program diet. Ini menjadi jalan pintas bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dengan instan. Mereka merasa tahu dan benar dengan informasi yang mereka dapat baik itu dari internet, teman atau keluarga. Padahal, program diet itu berbeda antar satu dengan yang lainnya. Maka, konsultasi dengan ahli gizi adalah solusi paling tepat agar program diet yang Anda lakukan tepat sasaran. Bagi Anda yang belum memulai program diet, perlu diketahui kebiasaan buruk ini bisa menaikkan berat badan, bukannya turun.

Melewatkan Sarapan

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, sarapan sangat penting. Sarapan yang terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein dengan porsi yang wajar menjadi wajib agar Anda memiliki energi untuk beraktifitas sampai tiba waktunya makan siang. Mereka yang melewatkan sarapan akan terlalu lapar pada siang hari dan cenderung makan melebihi porsi yang wajar. Karena berlebih, banyak kalori yang akan tersimpan karena tidak terbakar sepenuhnya. Akibatnya, berat badan bukannya turun, malah naik.

Makan Malam di Waktu Yang Salah

Kita butuh butuh energi di waktu malam, tapi tidak sebanyak pada waktu pagi dan siang. Karena malam aktifitasnya cenderung ringan, maka paling baik adalah porsi makan malam lebih sedikit. Tapi, ini saja tidak cukup. Waktu makan malam pun harus diperhatikan. Sebagian orang makan malam pada jam 8-9 dan kebiasaan buruk ini bisa menaikkan berat badan.

Waktu makan malam yang benar adalah 3-4 jam sebelum tidur. Bahkan, sangat direkomendasikan untuk makan malam paling lambat jam 5 sore sehingga tubuh kita memiliki waktu banyak untuk mencerna makanan yang kita makan. Makan menjelang tidur seperti itu hanya akan menimbun kalori yang akan menaikkan berat badan.

Makan Terlalu Cepat

Kebiasaan ini terkadang sulit untuk dihentikan, apalagi saat terburu-buru. Kita ingin cepat kenyang, padahal makan terlalu cepat malah membuat kita makan lebih dari yang seharusnya, apalagi makanan yang kita makan banyak mengandung lemak. Kebiasaan buruk kita menjadi dobel. Jadi, makanlah dengan perlahan agar Anda cepat kenyang. Berikan tubuh kita waktu untuk merespon makanan dan sedikit mencernanya. Ketika lambung penuh, maka otak akan merespon dengan rasa kenyang sehingga kita bisa berhenti makan tepat pada waktunya, tanpa asupan yang berlebihan.

Jadi, usahakan untuk makan sewajarnya, tidak terlalu cepat karena kebiasaan ini bisa menaikkan berat badan.

Malas Minum Air Putih

Air putih tidak hanya menghilangkan rasa dahaga, tapi juga berguna untuk kesehatan kulit, tulang, persendian dan pencernaan. Meskipun kita sibuk, usahakan selalu minum air putih yang cukup. Karena dengan minum air putih, lambung akan selalu penuh sehingga tidak ada sinyal ke otak bahwa lambung kosong (yang artinya lapar). Karena itulah, kita akan merasa kenyang lebih lama. Rasa kenyang ini tidak akan ditimbun menjadi lemak karena hanya air putih. Tubuh hanya akan membakar cadangan lemak saja. Hasilnya, berat badan pun malah turun.

Pola Tidur Tidak Sehat

Program diet yang Anda jalankan bukan satu-satunya tolok ukur keberhasilan menurunkan berat badan. Waspadailah pola tidur Anda yang mungkin tidak sehat karena kebiasaan buruk ini menaikkan berat badan.

Fakta ini berdasar pada penelitian ilmiah di Wake Forest, USA dimana orang yang melakukan program diet tapi hanya memiliki waktu tidur sekitar 5 jam bahkan kurang cenderung mengalami kenaikan berat badan. Ini artinya, berat badan dan pola tidur sangat berkorelasi. Jadi, bila Anda ingin menurukan berat badan menjadi ideal, usahakan utuk tidur selama 6-7 jam per malam.

Kurang Berolahraga

Banyak hal membuat kita menjadi gemuk, salah satunya adalah kurang olahraga dan kebiasaan buruk ini bisa menaikkan berat badan. Mengapa? Karena, olahrga sebenarnya adalah proses pembakaran lemak yang tersimpan. Meskipun kita sudah berhati-hati dalam makan, mengontrol setiap menu yang kita santap dan porsinya, sangat sulit untuk menghindari penumpukan kalori. Hasilnya, berat badan naik.

Olahrgalah secara rutin paling tidak 3-4 kali seminggu. Cukup dengan 30 menit setiap sesi, Anda sudah membantu pembakaran lemak didalam tubuh.

Makan Di Luar

Kunci dari mempertahankan berat badan adalah mengontrol asupan makanan termasuk berapa kalori yang dibutuhkan. Tapi, kalau kita sering makan di luar, akan sulit mengontrol berapa kalori yang kita makan. Kebiasaan buruk ini akan berefek pada berat badan Anda jika Anda sering melakukannya.

Kebiasaan-kebiasaan di atas harus dihindari agar berat badan Anda stabil. Usaha yang lebih keras tanpa kenal putus asa harus dilakukan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Dan ingat, kebiasaan buruk ini bisa menaikkan berat badan.