Kebanyakan masyarakat (khususnya laki-laki) mereka masih bingung dengan istilah ejakulasi dini. Sebenarnya apa sih pengertian dari ejakulasi dini ?

Terus, apa yang menyebabkan terjadinya ejakulasi dini itu? Sampai saat ini belum ada definisi yang benar-benar tetap dari ejakulasi dini.

Ada beberapa dokter yang mengaitkan ejakulasi dini dengan durasi waktu. Dan ada juga dokter lain yang mengatakan, ejakulasi dini bisa dilihat dari jumlah tusukan penis lebih sedikit saat keluar masuk vagina. Untuk itu, di bawah ini kami rangkum mengenai arti ejakulasi dini dari persepsi dokter yang disebutkan di atas.

Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung lagi mengenai arti ejakulasi dini.

Pengertian Ejakulasi Dini

Pengertian ejakulasi dini adalah keadaan di mana seorang pria tidak memiliki kemampuan untuk menahan, mengeluarkan atau kehilangan kendali saat mencapai klimaks. Yang mana kondisi seperti ini terjadi dalam waktu yang sangat cepat dan singkat. Intinya, ejakulasi dini adalah seorang pria yang mengeluarkan sperma (mencapai klimaks) dalam waktu yang cepat atau terlalu cepat dibandingkan pada umumnya.

Jenis-Jenis Ejakulasi Dini

Perlu Anda ketahui, ejakulasi dini sendiri sejatinya ada tiga jenis, yaitu ejakulasi cepat, ejakulasi dini pria dan ejakulasi sangat dini. Ejakulasi cepat merupakan ejakulasi dini yang mana sperma pria memancar di dalam vagina pada selang waktu yang sangat singkat. Sedangkan, pengertian dari ejakulasi dini pria adalah sperma pria yang memancar pada saat buah zakar menyentuh bibir vagina. Dan ejakulasi sangat dini sendiri adalah di mana sperma memancar sekedar karena mengingat-ingat atau mengkhayalkan saat berhubungan intim saja.

Penyebab Ejakulasi Dini

Pada dasarnya ada beberapa penyebab kenapa seorang pria terkena ejakulasi dini. Entah itu dari gaya hidup yang kurang bagus, kesehatan, sampai dengan stres berlebihan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini simak penyebab dari terjadinya ejakulasi dini ketika berhubungan intim.

1. Mengkonsumsi Obat Tertentu

Perlu diketahui, terlalu sering mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi neurotransmitter di dalam otak.  Sehingga hal tersebut secara tidak langsung akan menyebabkan seorang yang sering mengkonsumsi obat-obatan tersebut akan mengalami ejakulasi dini.

2. Stres Berlebihan 

Mungkin ketika kita mengalami stres berat sering kali tidak dihiraukan. Padahal perlu diketahui juga, stres berat juga menyebabkan terjadinya ejakulasi dini saat berhubungan intim. Maka dari itulah, ketika Anda mengalami stres berlebihan sebaiknya buat istirahat dan jangan memikirkan terlalu keras.

3. Aliran Darah Yang Tidak Lancar

Selain stres, aliran darah yang tidak lancar pun juga memicu terjadinya seorang pria terkena ejakulasi dini. Hal tersebut dikarenakan ereksi terjadi ketika darah mengalir ke bagian alat vital. Jika aliran darah tersebut lancar, maka penis pun juga akan  berereksi dengan normal. Dan sebaliknya, jika aliran darah tidak lancar, penis pun akan kesulitan mempertahankan ereksi. Akibatnya seorang pria ejakulasi sebelum pada waktunya.

4. Cemas Berlebihan

Seorang pria yang selalu mengkhawatirkan kinerja dalam berhubungan intim karena mereka takut sperma cepat keluar juga bisa menyebabkan terjadinya ejakulasi dini. Pasalnya, ketika Anda merasa cemas berlebihan ketika melakukan hubungan intim dengan pasangan, reaksi saraf akan mencegah ereksi pada penis.

5. Kurangnya Hormone Testosterone

Banyak yang bilang kalau seorang pria kurang hormone testosterone juga dapat memicu atau menyebabkan mereka ejakulasi dini. Hal ini dikarenakan hormone testosterone sendiri dapat merangsang resepcor di otak untuk memproduksi sebuah oksida nitrat. Selain itu, kurangnya hormone testosterone juga dapat memicu kurangnya gairah seksual seorang pria.

6. Seringnya Mengkonsumsi Alkohol

Buat Anda yang tadinya sering mengkonsumsi minuman keras atau alkohol sebaiknya mulai sekarang dikurangi, jika tidak ingin mengalami ejakulasi dini. Bahkan jika Anda sering mengkonsumsi minuman haram tersebut dalam jangka waktu yang panjang tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mengalami impotensi.

7. Merokok

Seperti yang kita ketahui jika merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh seorang pria. Namun, perlu Anda ketahui juga kebiasaan buruk yang satu ini juga salah satu faktor penyebab terjadinya ejakulasi dini. Karena merokok sendiri sejatinya dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Yang mana hal tersebut nantinya akan menyebabkan penurunan aliran darah ke penis yang membuat ejakulasi dini.