khasiat-teh-hijauApakah memang benar bahwasanya manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan? Memangnya apa yang terkandung di dalam teh hijau sehingga dapat menurunkan berat badan? Bagaimana cara minum teh hijau saat menurunkan berat badan?

Teh hijau merupakan jenis minuman yang lebih sehat dikarenakan kandungan kafeinnya yang rendah serta di dalamnya terkandung antioksidan alami yang sangat kuat yang dikenal dengan nama polifenol.

Perlu Anda ketahui juga bahwa antioksidan yang ada di dalam teh hijau tidak hanya memiliki kemampuan untuk membantu menyehatkan tubuh saja, akan tetapi juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan.

Teh hijau ini berasal dari daun tanaman yang bernama Camellia Sinensis yang dikukus, sehingga kandungan katekin yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

Berbeda dengan teh hitam atau teh oolong, keduanya berasal dari daun yang difermentasi sehingga senyawa antioksidannya telah hilang.

Mengenal Lebih Dekat Lagi Tentang Teh Hijau

Di atas seudah dijelaskan bahwa teh hijau ini dihasilkan dari daun teh yang dikukus, berbeda dengan teh jenis lain yang pengolahannya menggunakan proses fermentasi.

Pengolahan teh hijau dengan cara dikukus ini ternyata dapat melindungi senyawa epigallocatechin gallate atau yang lebih dikenal dengan senyawa EGCG.

Senyawa EGCG ini adalah antioksidan yang membuat kenapa teh hijau ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Bahkan banyak yang menurunkan berat badan dengan menggunakan teh hijau.

Sedangkan untuk satu cangkir dari teh hijau ternyata di dalamnya mengandung 100-200 miligram dari senyawa EGCG ini.

Tidak sampai disitu saja, di dalam teh hijau juga terkandung Vitamin C, katekin, Vitamin B kompleks, kafein,Vitamin E, Flavonoid, Polisakarida, Gamma Asam butirat Asam (GABA), Tehanine (asam amino), dan Fluoride.

Itulah kenapa sangat tidak mengherankan apabila saat ini teh hijau sangat populer di seluruh dunia.

Terbukti dengan berbagai macam jenis minuman, makanan, suplemen makanan kesehatan, dan kosmetik banyak yang memanfaatkan teh hijau ini sebagai campurannya.

Cara Kerja dari Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Bagaimana cara kerja dari teh hijau sehingga banyak dikatakan bahwa diet dengan menggunakan teh hijau merupakan pilihan cerdas untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Banyak sekali hasil-hasil penelitian yang mengatakan bahwa rutin meminum teh hijau memiliki dampak positif pada berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.

Alasan kenapa teh hijau untuk menurunkan berat badan sangatlah efektif dikarenakan beberapa faktor sebagai berikut ini:

  1. Teh hijau dapat meningkatkan metabolisme serta dapat membakar lebih banyak kalori yang ada di dalam tubuh.
  2. Teh hijau dapat meningkatkan kemampuan tubuh pada saat proses pembakaran lemak.
  3. Dan yang terakhir adalah teh hijau memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan dari sel lemak yang ada di dalam tubuh.

Itulah kenapa menurunkan berat badan dengan teh hijau merupakan lngkah cerdas yang harus segera Anda laksanakan saat ini juga.

Berapa Banyak Minum Teh Hijau yang Dapat Menurunkan Berat Badan?

Di atas secara jelas sudah di terangkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan yang bernama epigallocatechin gallate atau EGCG yang ternyata memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh, menghambat pertumbuhan dari sel lemak serta dapat mengurangi nafsu makan.

Lantas berpa banyak teh hijau yang harus diminum agar supaya proses penurunan berat badan semakin cepat?

Untuk mempercepat proses penurunan berat badan Anda, cukup dengan meminum 3-6 cangkir teh hijau ini tanpa campuran gula.

Jenis Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Perlu Anda ketahui bahwa teh hijau sendiri memiliki beberapa jenis. Meskipun sebenarnya kesemuanya memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan berat badan akan tetapi ada jenis teh hijau yang sangat bagus digunakan untuk diet.

Teh hijau tersebut bernama matcha. Alasannya adalah dikarenakan matcha ini di dalamnya terkandung lebih banyak nutrisi serta antioksidan 137 kali dari pada teh hijau biasa.

Jadwal Minum Teh Hijau Penurun Berat Badan

Di atas sudah dijelaskan juga bahwa untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal sebaiknya minum teh hijau 3-6 per harinya.

Berikut ini merupakan jadwal meminum teh hijau agar supaya diet yang sedang Anda lakukan memiliki hasil yang lebih maksimal lagi.

  1. Pagi Hari

Minum teh hijau di pagi hari setelah bagun tidur berfungsi untuk memecah lemak. Minumlah teh hijau yang hangat, jangan dicampur dengan gula dan es.

Selain dapat memecah lemak, meminum teh hijau di pagi hari bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan serta dapat mencegah radikal bebas.

  1. Sebelum Sarapan

Manfaat minum teh hijau sebelum sarapan adalah dapat membantu tubuh mambakar makanan ketika sarapan dan mengurangi keinginan untuk ngemil sebelum makan siang.

  1. Sebelum Makan Siang

Manfaatnya adalah dapat mengurangi nafsu makan, sehingga Anda tidak makan siang terlalu banyak. Selain itu juga dapat membantu tubuh pada saat proses pembakaran.

  1. Sebelum Makan Malam

Minum teh hijau sebelum makan malam bermanfaat untuk membantu mencerna makanan serta membakar lemak pada saat tidur.

Cara Minum Teh Hijau yang Benar

Agar supaya proses penurunan berat badan berlangsung dengan cepat, teh hijau tidak bisa diminum dengan sembarangan. Ada cara tersendiri tentunya. Sedangkan untuk caranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Munumlah Teh Hijau Tanpa Menggunakan Gula atau Perasa Tambahan Lainnya

Perlu Anda ketahui bahwa kualitas teh hijau terbaik adalah teh hijau tanpa gula atau perasa tambahan. Maka dari itu umumnya teh hijau olahan dari pabrik sudah berkurang kualitasnya.

  1. Jangan Mencampur Teh Hijau dengan Es

Pada dasarnya, teh hijau baik diminum dalam keadaan panas ataupun dingin tetap saja sehat. Akan tetapi es yang Anda campurkan di dalam teh hijau bisa mengurangi kepekatan dari teh hijau itu sendiri.

Sehingga dengan demikian, khasiat dari teh hijau juga akan berkurang. Maka dari itu minumlah teh hijau ini selagi panas ataupun hangat.

Cara Menyeduh Teh Hijau yang Benar

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda tidak bisa sesuka hati saat menyeduh teh hijau ini. ada cara tersendiri pada saat menyeduh teh hijau.

Untuk teh hijau sendiri, pada saat menyeduhnya usahakan diseduh pada air dengan suhu 80-90 derajat celcius.

Sedangkan jangka waktu penyeduhan juga ada batasnya, tidak boleh terlalu lama. Jangka waktu terbaik saat menyeduh teh hijau adalah 2-3 menit.

Jangka Waktu Penyimpanan Teh Hijau

Perlu Anda pahami bahwa untuk teh hijau ini semakin segar daunnya maka khasiat serta rasanya juga akan semakin baik pula.

Jadi sesegera mungkin untuk menyeduh teh hijau selagi masih segar daunnya serta jangan menyimpannya terlalu lama, karena khasiat dari teh hijau ini juga akan berkurang.

Jadi kesimpulannya adalah selain manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan juga memiliki manfaat lain lagi yang lebih besar dari sekedar hanya menurunkan berat badan.