perut-buncit-berbahaya-bagi-kesehatanApakah Perut Buncit Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan?

Apakah Anda termasuk pemilik dari perut buncit? Apakah Anda sering merasa tidak percaya diri dikarenakan memiliki perut yang buncit? Apakah Anda sering menjadi bahan ejekan dikarenakan perut Anda yang buncit tersebut? Apakah Anda merasa kesulitan dalam berpenampilan karena perut yang Anda miliki buncit?

Banyak yang belum memiliki kesadaran terkait dengan bahayanya perut yang buncit. Sehingga merasa bahwa perut yang buncit merupakan sebuah kewajaran dan tidak perlu dicari solusinya. Pemikiran yang seperti ini merupakan sebuah keniscayaan yang tentu saja harus segera diluruskan. Maka dari itu merupakan pemikiran yang masuk dalam kategori salah kaprah.

Kenapa bisa seperti itu, karena perut buncit bukanlah sebuah situasi yang normal. Bahkan dalam beberapa situasi memiliki perut yang buncit dapat memberikan efek negatif bagi pemiliknya.

Memang benar, perut yang buncit merupakan momok yang sangat mengganggu bagi sebagian besar orang. Apalagi bagi Anda yang masih dalam usia remaja dan dewasa awal. Usia dimana penampilan merupakan sesuatu yang sangat vital dan selalu menjadi sorotan. Maka dari itu dengan memiliki bentuk badan yang ideal merupakan penunjang utama dalam hal penampilan tersebut.

Banyak kasus yang menunjukkan bahwa dikarenakan perut buncit banyak yang tidak merasa percaya diri dalam berpenampilan. Banyak yang merasa bahwa perut yang buncit bisa menjadi perusak utama penampilannya. Sehingga lambat laun pemikiran seperti ini akan berubah menjadi sugesti alam bawah sadarnya dan yang terjadi selanjutnya adalah merasa kurang percaya diri yang rasa minder yang berlebihan.

Ketika perut yang buncit tersebut menyebabkan berbagai macam permasalahan dalam pergaulan, tentu saja lambat laun akan berdampak terhadap psikologis Anda. Hal ini tentu akan sangat berbahaya apabila tidak segera Anda antisipasi. Karena bukan tidak mungkin hanya dikarenakan perut yang buncit bisa berakibat keburukan yang lebih besar terjadi.

Maka dati itu, ketika ada pertanyaan apakah perut buncit  berbagaya bagi psikologis pemiliknya maka jawabannya adalah bisa iya dan bisa tidak. Tergantung bagaimana pemilik dari perut yang buncit tersebut menyikapinya. Akan tetapi apabila pertanyaannya dirubah apakah perut yang buncit bisa membahayakan kesehatan maka jawabannya adalah sangat bisa.

Efek negatif dari perut buncit bagi kesehatan bisa dibilang sangatlah bervareatif. Ada yang dibilang ringan dan ada yang memiliki dampak yang sangat buruk, misalnya saja bisa mengakibatkan kematian.

Dalam hal ini jangan pernah Anda menyepelekan apabila perut Anda mulai membuncit. Jangan pernah berpikir kalau situasi tersebut merupakan situasi yang wajar dan harus disukuri. Karena ada bahaya besar yang mengancam kesehatan Anda apabila perut Anda sudah mulai mengalami pembuncitan.

Beberapa efek negatif yang bisa diakibatkan dari adanya pembuncitan yang terjadi pada perut adalah sebagai berikut:

  1. Kematian Dini

Bahaya terbesar dari perut buncit adalah terjadinya kematian dini. Jangan pernah menyepelekan situasi semacam ini. Bahkan salah satu penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat oleh Centers for Disease Control (CDC) menyebutkan dikarenakan perut yang buncit ini di Amerika terjadi kematian sebanyak 300.000 per tahunnya. Sebuah jumlah yang sangat fantastis tentunya.

Hasil lain dari penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa pemilik perut yang buncit memiliki peningkatan resiko sekitar 50-100% kematian dini apabila dibandingkan dengan yang memiliki berat badan yang ideal dengan perut yang tidak buncit tentunya.

  1. Lebih Mudah Terkena Stroke

Perut yang buncit salah satunya disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Ketika perut menjadi buncit akan berdampak terhadap pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Jika hal ini terus menerus terjadi maka resiko berikutnya adalah stroke akan segera menghampiri Anda.

  1. Penyakit Jantung

Seseorang dengan kelebihan berat badan memiliki resiko besar dan akan sangat mudah terkena penyakit jantung. Dan salah satu tanda-tanda seseorang yang mengalami kelebihan berat badan adalah terjadinya pembuncitan pada perut. Maka dari itu salah satu efek dari perut buncit adalah bisa dengan sangat mudah terkena penyakit jantung.

  1. Kolesterol Tinggi

Kelebihan lemak pada bagian perut akan mengakibatkan terjadinya pembuncitan pada perut. Sesuatu yang bisa terjadi selanjutnya adalah semakin banyaknya produksi kolesterol buruk di dalam tubuh. Bertambahnya kolosterol buruk ini memiliki dampak semakain menurunnya kolesterol baik di dalam tubuh sehingga yang terjadi pada akhirnya adalah tubuh akan sangat mudah terkena berbagai macam penyakit, misalnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan lain-lain.

  1. Fungsi Paru-paru Mengalami Penurunan

Pemelitian yang dilakukan di negara Finlandia menyebutkan bahwasanya seseorang yang memiliki volume perut yang besar atau perut yang buncit ternyata bisa berakibat penurunan fungsi dari paru-paru. Apabila situasi ini terus berlanjut maka yang terjadi berikutnya adalah bukan tidak mungkian apabila seseorang tersebut akan mengalami penyempitan pada saluran pernafasan dan bahkan bisa menimbulkan penyakit paru-paru kronis atau asma.

  1. Fetty Liver atau Perlemakan Hati

Tahukan Anda bahwa penyebab terbesar terjadinya Fetty Liver yang non alkohol adalah dikarenakan resistensi dari insulin dimana terjadi gangguan metabolisme sehingga sel-sel dalam tubuh Anda tidak peka lagi terhadap efek dari insulin tersebut. Sedangkan resistensi insulin ini umumnya diakibatkan oleh obesitas pada tubuh Anda yang salah satunya ditandai dengan perut buncit.

  1. Sistem Metabolisme Tubuh Menjadi Rusak

Penumpukan lemak yang terjadi di dalam tubuh tak terkecuali di bagian perut ternyata bisa mengakibatkan adanya produksi hormon yang bisa mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh  Anda. Reseptor insulin di dalam tubuh yang berubah akan berakibat terhadap sulitnya tubuh dalam mengontrol gula darah. Sehingga seseorang yang memiliki perut yang buncit akan lebih mudah terkena diabetes.

  1. Penyakit Diabetes Tipe 2

Kelebihan berat badan akan mengakibatkan reseptor insulin di dalam tubuh berubah sehingga akan mengakibatkan tubuh kesulitan mengontorl gula darah. Maka sangatlah wajar apabila lebih dari 80% penderita diabetes umumnya juga ada masalah terhadap berat badannya.

  1. Kerusakan Di Pembuluh Arteri

Penelitan yang dilakukan pada tahun 2012 menghasilkan bahwa perut buncit bisa mengaibatkan arteri berubah menjadi kaku. Apabila ini dibiarkan bukan tidak mungkin penyakit berbahaya lainnya seperti jantung dan stroke bisa menghampiri Anda.

  1. Demensia dan Alzheimar

Salah satu peneltian yang dilakukan pada tahun 2010 memberikan hasil yang sangat mengejutkan. Siapa sangka ternyata perut buncit memiliki efek yang sangat signifikan terhadap penurunan volume pada otak. Sehingga pada akhirnya Anda bisa terkena penyakit otak yang sangat berbahaya, misalnya seperti demensia dan alzheimer.

Melihat ulasan di atas sekarang Anda tidak boleh lagi menyepelekan kelebihan berat badan yang umumnya ditandai dengan bentuk perut yang semakin membuncit. Selain berdampak terhadap sisi psikologis ternyata perut buncit juga memiliki dampak yang sangat berbahaya terhadap kesehatan Anda.