Goji Berry

Buah goji berry atau yang biasa disebut dengan nama wolfberry ini berasal dari daratan Cina. Bentuknya kecil dan berwarna merah, buah ini masih masuk dalam keluarga strawberry dan blueberry. Goji berry terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda di mana letak habitat asli tanaman ini?

Tentang Goji Berry

Pegunungan Himalaya di Tibet merupakan bagian dari wilayah Republik Rakyat China (RRC). Sebagai tempat tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai lebih dari 8500 meter di atas permukaan laut, sangat wajar jika segala ekosistem yang hidup di dalamnya banyak mengandung kelebihan, keunikan bahkan menyimpan keajaiban yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia di berbagai belahan dunia lainnya.

Pegunungan Himalaya merupakan habitat asli buah goji berry (wolfberry). Buah ini memiliki nama latin Vaccinium Angustifolium. Goji berry juga memiliki berbagai julukan, di antaranya adalah super fruit, goji beeren (Jerman), gou qi ji (Mandarin), buah kechi (Indonesia) dan masih banyak istilah lokal lainnya.

Buah goji berry berbentuk lonjong mirip buah melinjo dengan ukuran agak kecil. Buah ini berwarna merah segar, berdaun hijau runcing memanjang. Pohon goji berry bisa setinggi orang dewasa (seperti pohon kopi). Namun, di habitat aslinya di daerah perbukitan, pohon buah ini bisa tumbuh lebih tinggi di tebing-tebing yang curam. Goji berry banyak tumbuh di semak belukar di pegunungan Himalaya.

Konon buah ini telah digunakan lebih dari 6000 tahun lamanya untuk mengobati berbagai penyakit di tempat asalnya. Goji Berry digunakan sebagai ramuan herbal pengobatan tradisional Cina dan bahan makanan. Masyarakat Cina sering mengkombinasikan buah ini dengan bahan herbal lain sebagai tonik untuk memperpanjang umur. Buah ini dapat disajikan dalam bentuk kering, dimakan mentah sebagai camilan, dimasak dengan sup, dicampurkan pada sereal, oatmeals, dan bubur, serta dapat diolah menjadi minuman herbal seperti teh dan jus.

Sayangnya, buah goji berry belum begitu mudah untuk didapatkan di Indonesia. Meskipun di beberapa negara lain goji berry sudah bisa didapatkan dengan mudah, di Indonesia goji berry merupakan produk impor dengan harga yang cukup mahal.

Manfaat Goji Berry

Goji berry merupakan super nutrisi yang sangat komplit untuk menyehatkan manusia, tidak heran buah ini disebut sebagai super fruit. Buah ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Anti infeksi

Goji berry mengandung omega 9 yang dapat meningkatkan respon peradangan, sehingga berguna sebagai anti infeksi pada luka. Masyarakat Cina menggunakan buah goji berry ini sebagai salah satu anti infeksi yang paling manjur dalam proses penyembuhan luka.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Beberapa riset mengemukakan bahwa ekstrak dari buah goji berry dapat meningkatkan kesehatan otak dan dapat mencegah penyakit penuaan seperti Alzheimer.

3. Mencegah diabetes

Diabetes disebabkan oleh kandungan gula dalam darah yang tinggi. Penyakit ini merupakan penyakit yang dapat diturunkan kepada anggota keluarga yang lain. Goji berry mengandung omega 6 yang berfungsi menjaga, mengontrol, dan menormalkan kembali kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi buah ini dari waktu ke waktu dan secara konsisten, Anda dapat mencegah dan mengobati diabetes.

4. Memberikan ketenangan akibat stress

Menurut Journal of Medicinal Food pada tahun 2012, Goji Berry terbukti dapat memberikan efek ketenangan akibat stress, kualitas tidur yang baik, dan tubuh yang sehat bagi orang-orang orang yang mengkonsumsi buah ini. Hal ini dikarenakan goji berry mengandung mineral yang berperan sebagai aktivator dalam enzim serta hormon.

5. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini dapat diartikan sebagai penuaan yang terjadi sebelum waktunya. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres yang berlebihan dan polusi udara yang terjadi akibat dari rokok. Menurut beberapa penelitian, kulit baru mulai mengendur dan menunjukkan tanda – tanda penuaan diatas umur empat puluh tahun. Goji berry dapat melawan keriput atau pembentukan garis halus pada wajah. Hal ini dikarenakan goji berry memiliki kandungan vitamin E berpengaruh penting pada kesehatan kulit.

Cara Mengkonsumsi Goji Berry

Buah goji berry di Indonesia biasanya dijual dlam kondisi kering. Buah ini dapat dikonsumsi langsung maupun diblender menjadi jus. Siapkan satu cangkir buah Goji Berry kering dan 600ml air kelapa muda. Kemudian blender semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Anda bisa menambahkan es batu agar lebih segar. Jus Goji Berry siap dihidangkan.