Tubuh manusia sebenarnya sangat memerlukan serat untuk memperlancar proses metabolisme tubuh mereka. Ada banyak jenisnya makanan yang berserat meski makanan yang berserat itu tidak dapat diolah atau diproses dalam tubuh. Yang memang merupakan sudah sifatnya makanan berserat maka makanan berserat ini tidak bisa menghasilkan energi dan kalori dalam jumlah yang banyak. Makanan berserat ini hanya menghasilkan sedikit energi dan kalori saja untuk tubuh manusia. Meski begitu, masih ada manfaatnya dari makanan berserat ini yaitu untuk proses metabolisme dalam tubuh. Dianjurkan bagi kita makan makanan yang berserat yang jika tidak dikonsumsi juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Untuk itu bahaya kurang serat, manfaat serat, kurang serat akan coba dibahas disini. Berikut ini adalah manfaat serat bagi tubuh kita.

Manfaat Serat Bagi Tubuh Kita

Setelah makan yang berserat, tubuh mengedarkan nya menuju usus halus kemudian mengolahnya. Setelah diolah dan menuju usus besar, serat itu akan dibuang. Sebenarnya dengan adanya makanan berserat di dalam usus besar ini sangat bagus sekali. Di dalam usus besar, serat bisa membantu proses metabolisme dalam usus besar supaya proses buang air besar kita dapat lancar -lancar saja. Jika kita lancar membuang tinja tanpa hambatan, tubuh kita akan sehat. Tetapi jika sampai kurang serat bisa berbahaya untuk tubuh kita. Berikut ini adalah bahaya bila tubuh kita kurang serat.

Bahaya Bila Tubuh Kita Kurang Serat Yang Dapat Memicu Penyakit

Bahaya kurang serat, manfaat serat, kurang serat yang dibahas artikel ini semoga saja dapat menambah wawasan siapa saja yang membacanya. Berikut ini pemaparan tentang bahaya bila tubuh kita kurang serat yang akan memicu penyakit.

1. Tidak Sehat

Kurang serat di dalam tubuh itu sebenarnya tidak sehat atau tidak baik. Serat yang fungsinya untuk melancarkan jalannya proses di dalam usus kita sangat berguna sekali. Jika memang sulit makanan yang mengandung serat, kita dapat mengolahnya menjadi makanan yang lebih nikmat. Kita harus pintar sendiri. Apalagi jika seorang ibu rumah tangga harus lebih kreatif lagi. Dengan kekreatifan para ibu bisa menciptakan generasi sehat dan cerdas dari konsumsi makanan si anak.

2. Menyebabkan Perut Buncit

Tubuh yang kurang akan serat dapat sungguh tidak baik karena dapat memicu penyakit. Dengan tubuh yang kurang serat, maka akan sulit sekali proses BAB. Bisa jadi malah seminggu hanya sekali untuk BAB. Karena sedikitnya jumlah serat yang dimakan. Jadi mulai sekarang biasa kan makanan berserat. Banyak sekali jenisnya makanan yang berserat itu, kita bisa menemukannya di pasar dan di sekitar rumah. Contoh makanan berserat itu adalah seperti wortel, pepaya, alpukat dan lainnya.

3. Buang Waktu Lama Di Toilet

Jumlah serat yang sedikit akan menyebabkan tinja sulit keluar. Karena si tinja akan sangat keras dan menyebabkan perut dan (maaf) pantat sakit sehingga harus mengejan. Dalam istilah orang Indonesia, itu disebut dengan mengejen karena tinja sulit keluar.  Dengan merasa khawatir karena tinja sekeras batu, pasti akan menghabiskan banyak waktu di toilet. Hidup sehat itu dengan cintai makanan berserat.

4. Pencernaan Susah

Seperti yang sudah di paparkan diatas, proses pencernaan kita akan semakin susah. Supaya kebutuhan makanan serat tercukupi, cobalah mulai sekarang menambahkan makanan serat dalam menu makanan. Tidak perlu banyak, yang penting sering dan disertai minuman yang cukup.

5. Lebih Banyak Mengeluarkan Tenaga

Jika kita kekurangan serat ketika BAB, kita akan mengejan dengan menghabiskan banyak tenaga. Berbeda lagi jika serat dalam tubuh tercukupi, pasti akan sangat mudah untuk membuang semua kotoran yang keluar. Yang lebih menyenangkan dari tercukupi kebutuhan serat adalah kita bahkan tidak perlu mengejan sama sekali. Ya, jika memang serat tercukupi. Bukankan sangat menyenangkan jika dalam proses BAB tidak mengeluarkan tenaga banyak? Jadi cintai ususmu dengan makan serat setiap hari.

Semoga saja,.didalam artikel ini yang membahas bahaya kurang serat, manfaat serat, kurang serat semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terutama bagi Anda yang belum tahu tentang bahaya dari kurang serat dalam tubuh.