Serat sangat penting bagi tubuh. Apabila tubuh kekurangan serat, selain terkena wasir atau ambeien ada berbagai macam penyakit lainnya yang berbahaya, antara lain sebagai berikut:

1. Dapat menyebabkan serangan jantung atau kolesterol tinggi

Karena serat yang larut di dalam air mampu mengikat kolesterol jahat yang menyebabkan pembuluh darah tersumbat apabila kolesterol jahat terlalu berlebihan di dalam darah. Apabila kita kekurangan serat, lalu tidak adanya kandungan yang mengikat kolesterol di dalam pencernaan, sehingga menyebabkan serangan jantung dan tingginya kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Dapat menyebabkan diabetes

Serat tidak hanya mampu menangani diabetes. Tetapi juga mampu sebagai pencegahnya. Namun pola makan dengan rendah serat juga tinggi gula akan meningkatkan resiko diabetes tipe II.

3. Dapat Menyebabkan kanker

Kanker disebabkan oleh pola makan yang salah. Menurut penelitian diet rendah lemak dan tinggi serat dapat mengurangi resiko penyakit kanker usus dan kanker anus.

4. Dapat menyebabkan wasir atau ambeien

Fungsi utama serat adalah melancarkan pencernaan. Sedangkan ketika kita kekurangan serat, akan menimbulkan sembelit. Sembelit yang terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan kita mengejan terlalu keras saat buang air besar dan akhirnya terjadilah wasir serta ambeien.

Itulah kegunaan serat di dalam tubuh. Jadi ada baiknya kita selalu memenuhi kebutuhan serat kita. Semoga bermanfaat.