Obesitas sentral atau yang dikenal dengan perut buncit memang sering kali dianggap sepele oleh sebagian besar orang yang mengidapnya. Bahkan, mereka menganggap hal tersebut merupakan hal yang sangat wajar dan tidak akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Padahal perlu diketahui, pada perut yang buncit di dalamnya terdapat ancaman kesehatan yang sangat mengerikan. Lalu, apa saja ancaman atau bahaya perut buncit terhadap kesehatan? Dan bagaimana cara mengatasinya? Tenang saja, pada kesempatan kali ini kami akan membahas itu semua dari satu persatu. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak informasi berikut ini.

Pengertian Perut Buncit

Perut buncit atau dalam bahasa medisnya obesitas sentral merupakan suatu keadaan di mana terdapat penumpukan lemak berlebih di dalam perut. Biasanya lemak yang ada di dalam perut tersebut ada dua jenis, yaitu lemak visceral dan lemak sukbutan. Lemak visceral adalah lemak yang berada di dalam maupun di sekitar organ tubuh manusia. Sedangkan lemak sukbutan sendiri yaitu lemak yang berada di bawah kulit.

Bahaya Perut Buncit

Pada dasarnya ada banyak sekali bahaya maupun resiko gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh perut buncit. Dan berikut ini beberapa bahaya perut buncit bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Gangguan Pernafasan

Salah satu bahaya maupun resiko akibat perut buncit yang paling sering terjadi adalah gangguan pernafasan. Biasanya gangguan pernafasan seperti ini sering terjadi pada orang gemuk saat mereka sedang tidur. Selain itu, perut buncit juga sering dikaitkan dengan peningkatan resiko terjadinya brongkitis, asma, sindrom hipoventilasi dan insufisiensi pernafasan.

2. Dampak Psikologis Dan Sosial

Biasanya orang yang mempunyai perut buncit mereka akan mengalami dampak psikologis dan sosial, khususnya bagi seorang wanita. Karena dengan memiliki perut buncit akan menjadikan mereka menjadi tidak percaya diri. Bahkan tidak jarang dari mereka yang mempunyai perut buncit juga sering menjadi bahan ejekan bagi teman-temannya. Hal inilah yang menyebabkan mengapa orang yang mempunyai perut buncit sering mengalami dampak psikologis.

3. Resiko Terkena Penyakit Jantung

Banyaknya timbunan-timbunan lemak pada area perut maupun pinggang dapat memicu atau resiko terkena penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan lemak akan masuk ke dalam aliran darah yang nantinya dapat menyumbat pembuluh darah pada jantung. Bahkan, jika perut buncit ini didiamkan terus menerus, tidak menutup kemungkinan kematian mendadak akan menghampiri.

4. Penyakit Diabetes

Perut buncit merupakan salah satu akibat dari kenaikan berat badan yang mencapai lima sampai sepuluh kg atau melebihi berat badan ideal. Orang yang memiliki berat badan lebih kemungkinan besar mereka akan menderita penyakit diabetes jika dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai perut buncit.

5. Kolesterol Tinggi

Selain beresiko terkena penyakit diabetes, perut buncit juga beresiko meningkatkan kolesterol. Obesitas atau kegemukan inilah yang nantinya akan meningkatkan lemak jahat dan menurunkan lemak baik. Hal ini yang nantinya akan meningkatkan terjadinya resiko kolesterol dan juga penyakit lainnya.

6. Bisa Terkena Stroke

Jika Anda tidak ingin terkena penyakit stroke sebaiknya mulai sekarang selalu jaga kesehatan tubuh agar perut tidak buncit. Pasalnya orang yang mempunyai perut buncit, pembuluh darah mereka sering kali menyumbat. Dan akibatnya pun mereka akan rentan terkena penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang.

7. Kematian Dini

Beberapa penelitian mengatakan, bahaya perut buncit bagi kesehatan yaitu adanya kenaikan persentase resiko kematian dini dibandingkan dengan yang tidak mengidap perut buncit. Bahkan, Centers for Disease Control (CDC) juga mengatakan, perut buncit menyebabkan terjadinya kasus 300.000 kematian per tahu di Amerika Serikat.

Solusi Perut Buncit

Bagaimana sangat mengerikan bukan bahaya dari perut buncit? Tapi Anda tidak perlu cemas maupun takut dulu. Pasalnya semua masalah tentu ada solusinya, sama hal dengan masalah perut buncit. Langkah awal untuk mengecilkan perut buncit yang bisa Anda lakukan adalah membakar lemak terlebih dahulu.

Jika langkah tersebut sudah dilakukan secara teratur setiap harinya, maka langkah selanjutnya adalah latihan kardio. Lakukan olahraga kardio ini 30 sampai 40 menit selama empat sampai lima hari dalam seminggu. Dan langkah terakhir untuk menghilangkan perut buncit yaitu atur pola makan Anda setiap harinya. Jangan sekali-kali memakan makanan yang berlemak maupun berkalori tinggi.