manfaat-buah-plum-keringPernahkah Anda mengkonsumsi buah plum? Kabarnya buah plum ampuh mengatasi masalah berat badan yang telah Anda alami beberapa tahun belakangan ini. Apa alasannya?

Kaitannya buah ini dengan kegemukan memang wajar, karena di dalam buah ini terkandung zat-zat alami. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Liverpool menunjukkan bahwa buah ini bisa digunakan sebagai bahan untuk diet alami.

Hasil penelitian ini dikarenakan oleh kemampuannya dalam mencegah dan mengendalikan nafsu makan. Oleh karenanya, buah tersebut memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan berat badan.

Yang paling menarik, buah ini tetap memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk selengkapnya, temukan jawabannya di bawah ini. Tapi sebelumnya, mari kenali lebih dahulu asal-usul buah tersebut.

Asal-Usul Buah Plum

Buah Plum ampuh mengatasi masalah berat badan, namun tahukah Anda darimana buah tersebut berasal?

Sebenarnya, belum tahu pasti mengenai asal-usul buah berkhasiat ini. Karena muncul banyak sekali varietasnya yang mana berlabelkan negara masing-masing yang telah sukses mendapatkan varietas baru tersebut.

Salah satunya adalah plum Jepang. Selain itu, terdapat pula buah plum yang berasal dari Eropa. Untuk yang terakhir ini, orang Eropa telah memanfaatkan buah tersebut sebagai konsumsian selama beberapa abad yang lalu.

Buah ini sekilas mirip dengan buah apel, berdiameter sekitar 3-5 cm dengan kandungan air yang banyak. Untuk warnanya, buah ini berwarna merah keunguan dan memiliki biji yang keras karena masuk dalam stone fruit. Lalu bagaimana bisa buah ini bermanfaat untuk penurunan berat badan?

Rahasia Dibalik Buah Plum Untuk Penurun Berat Badan

Buah Plum ini dikaitkan dengan buah yang bersahabat untuk penyandang obesitas. Karena fungsi dari buah ini sendiri adalah mampu untuk mencegah rasa lapar yang berlebihan.

Tentunya buah ini akan sangat baik bila digunakan pada waktu yang tepat. Jangan sampai Anda mengkonsumsi buah ini, kemudian Anda tidak mengkonsusmi makanan lain. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak mengabaikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, hubungan buah ini dengan penurun berat badan ini tidak lain dikarenakan oleh beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya. Makanya, wajar jika buah plum ampuh mengatasi masalah berat badan. Apa saja kandungannya?

  • Kaya akan serat

Buah ini baik dikonsumsi, bahkan baik jika dimasukkan dalam program diet karena buah tersebut mengandung serat yang tinggi.

Fungsi dari serat ini adalah untuk memperlancar sistem pencernaan sehingga perut Anda tidak terlihat membuncit.

  • Rendah karbohidrat

Karbohidrat diperlukan tubuh untuk menyediakan energi. Namun karbohidrat yang berlebihan akan menyebabkan pada kegemukan.

Ya, karbohidrat ini nantinya akan dipecah menjadi beberapa zat yang akan disalurkan ke dalam tubuh.

Rendahnya karbohidrat di dalam buah ini jelas akan mempengaruhi pada penurunan berat badan. Untuk jumlahnya sekitar 7,5 gram.

  • Rendah lemak dan kalori

Pembahasan mengenai Buah Plum ampuh mengatasi masalah berat badan ini tidak luput dari kandungan lemak dan kalorinya. Rendahnya kandungan tersebut membuat tubuh bisa memanfaatkannya secara sempurna.

Maksudnya, tidak ada asupan lemak dan kalori yang nantinya akan disimpan di dalam tubuh yang akhirnya menimbulkan kegemukan.

Untuk jumlah kalori yang terdapat pada buah plum ini sekitar 30 kalori saja, yakni memenuhi kebutuhan kalori harian Anda sekitar 2%. Jadi, Anda masih bisa memanfaatkan makanan lain untuk memenuhi jumlah sempurna kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sementara untuk kandungan lemaknya, buah ini hanya menyimpan sekitar 0,2 gram saja. Bahkan yang menarik lagi, buah ini terbebas dari lemak jenuh sehingga baik untuk menjaga kesehatan.

  • Vitamin B dan K

Dikatakan jika Buah Plum ampuh mengatasi masalah berat badan ini juga tidak luput dari kandungan vitamin B dan K. Ya, vitamin ini memang diperlukan oleh tubuh untuk menyeimbangkan zat-zat yang masuk dalam tubuh.

Manfaat dari vitamin ini adalah untuk membantu tubuh dalam melakukan fungsinya pada zat lain seperti protein, karbohidrat dan lemak. Hal ini jelas jika tubuh akan memaksimalkan seluruh zat yang telah diperoleh dari makanan yang Anda konsumsi, bukan membiarkan zat tersebut tersisa dan tersimpan di dalam tubuh.

  • Mengandung senyawa flavanoid dan fenolik

Senyawa ini jelas mengukuhkan jika Buah Plum ampuh mengatasi masalah berat badan. Hal ini dikarenakan jika senyawa tersebut menjadi anti obesitas.

Adanya senyawa tadi, tubuh mampu menjaga keseimbangannya. Malahan akan jauh lebih sempurna karena senyawa tadi juga befungsi sebagai anti inflamasi yang mana diperlukan oleh tubuh untuk menjaganya dari masalah gangguan kesehatan.

Jika dilihat dari kandungannya, tentu saja Anda percaya bukan jika buah tersebut mampu mengatasi kegemukan? Lalu bagaimana Anda memanfaatkannya?

Untuk permasalahan ini, Anda hanya perlu mengkonsumsi secukupnya saja. Artinya, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah plum karena berlebihan jelas akan mengurangi kemanfaatannya.

Ingat, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan lain sebagai sumber nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Dan buah tersebut jelas belum bisa memenuhi keseluruhan nutrisi sehingga pemanfaatan buah ini seharusnya masuk akal misalnya mengkonsumsi 1 buah saja.

Kesimpulannya, buah plum ampuh mengatasi masalah berat badan ini dikarenakan oleh kandungannya yang mampu menjadi anti obesitas, dan mampu mengurangi keinginan untuk makan secara alami.