Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang. Kita pun demikian. Dan memiliki tubuh yang sehat berawal dari pola hidup yang sehat pula. Kebiasaan rajin berolahraga dan juga menjaga asupan nutrisi yang seimbang serta menjaga pola makan yang teratur. Sehingga tubuh kita akan senantiasa segar dan jarang terserang penyakit. Kunci penting dari menjaga kesehatan adalah pencernaan yang sehat. Menjaga kesehatan pencernaan salah satunya dengan makan makanan berserat. Berikut ini beberapa manfaat makanan berserat dan juga contoh makanan berserat.

Penyakit Yang Akan Timbul Akibat Kekurangan Serat

Makanan berserat menjadi kunci utama dalam menjaga kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, akan membantu menekan nafsu makan kita, sehingga kenyang lebih lama. Serat juga membantu mempermudah kerja usus, sehingga nutrisi dari makanan yang kita konsumsi dapat diserap dengan baik. Namun kebanyakan orang justru mengkonsumsi sedikit serat dan lebih banyak karbo dan lemak yang berujung pada tidak dicernananya nutrisi pada makanan dengan baik. Apa saja penyakit akibat kekurangan serat? Berikut ini beberapa diantaranya.

Sembelit

Atau biasanya disebut dengan susah buang air besar. Kekurangan serat menjadikan kerja usus lebih berat sehingga lalu lintas makanan menjadi kurang lancar. Sembelit bisa diatasi dengan konsumsi banyak air dan sayuran serta buah berserat.

Obesitas

Orang yang kurang mengkonsumsi serat biasanya cenderung mengkonsumsi makanan berlemak dan berkabohidrat tinggi. Jika hal ini juga dibarengi dengan pola hidup tidak sehat dan kurang gerak tanpa disadari akan mengakibatkan bertambahnya berat badan tubuh.

Gangguan Pencernaan

Kekurangan konsumsi serat, bisa mendatangkan berbagai gangguan pencernaan yang akan mengganggu hidup Anda, diantaranya:

  1. Naiknya asam lambung
  2. Typhus
  3. Maag
  4. Disentri
  5. Infeksi usus

Tidak Stabilnya Kadar Gula Dalam Darah

Kebanyakan dari kita tidak sadar kalau hanya mengkonsumsi karbohidrat sederhana yang seperti camilan dan roti tawar serta makanan-makanan manis, jika tidak diimbangi dengan konsumsi karbohidrat kompleks dari  biji-bijian seperti gandum dan maupun beras merah, akan berakibat pada ketidak stabilan kadar gula darah.

Mudah Lemas

Ini akibat kekurangan energi yang dihasilkan oleh karbohidrat kompleks dari bahan makanan seperti jagung, beras merah, dan gandum. Tubuh lebih  mudah loyo dan capek akibat rendahnya energi yang diserap dari makanan yang kita konsumsi. Hal ini tentunya akan menghambat aktivitas dan produktivitas kita.

Meningkatnya Kadar Kolesterol

Serat juga berfungsi untuk mengikat kandungan kolesterol jahat yang berpotensi mengganggu kesehatan jantung dan mengganggu sistem peredaran darah kita. Oleh karena itu, bagi penderita obesitas, penyakit jantung, dan kolesterol sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi yang mengandung karbohidrat kompleks yang rendah gula. Hal ini untuk memperlancar dan membantu penyerapan nutrisi dengan sempurna sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Daftar Makanan Berserat

Perlu Anda ketahui bahwa serat bisa diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Berikut ini adalah daftar makanan berserat yang sudah kami rangkum untuk Anda :

  1. Beras merah
  2. Gandum utuh, bisa Anda peroleh dengan mudah dari produk sereal instan yang sudah banyak beredar di pasaran.
  3. Sayuran hijau seperti sawi, brokoli, kubis, bunga kol, dan bayam. Lobak juga merupakan sumber makanan berserat lainnya.
  4. Kacang tanah, kacang kedelai, kacang merah, edamame.
  5. Daging ayam dan daging sapi.
  6. Makanan olahan singkong seperti thiwul dan getuk.
  7. Buah-buahan seperti pisang, alpukat, mangga, sawo, anggur,strawberry, dan lain-lain.
  8. Umbi-umbian seperti ketela dan talas.
  9. Ares atau batang pohon pisang dan jantung pohon pisang.

Jadi, menjaga tubuh agar tetap sehat tidak sekedar makan makanan bergizi dan juga berolahraga teratur. Namun, kita juga harus tau nutrisi apa yang penting dan sangat diperlukan oleh tubuh. Kebanyakan dari kita fokus mengurangi konsumsi makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi, namun lupa mengkonsumsi makanan berserat tinggi.

Meski sepele namun sejatinya serat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan pencernaan agar dapat berfungsi dengan baik sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dari makanan-makanan yang kita konsumsi. Jangan lupa pula tetap mengkonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi. Sering berolahraga dan jangan malas bergerak, agar tubuh tetap sehat, segar dan bugar, dan terhindar dari segala penyakit.