Kafein sebetulnya merupakan hal biasa dalam kehidupan manusia. Zat tersebut bisa kita jumpai dimana-mana, seperti minuman kopi, teh, obat, bahkan pada makanan dalam bentuk kemasan. Walaupun kafein memiliki manfaat positif bagi tubuh seperti memberi energi dan kewaspadaan, akan tetapi kafein juga bisa memberi dampak buruk bagi tubuh. Hal itu bisa terjadi karena kafein tersebut dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini merupakan 10 efek samping dan dampak buruk kafein pada kesehatan tubuh yang perlu diwaspadai :

1. Tekanan Darah Meningkat

Mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Jika jumlah kafein yang Anda konsumsi ke dalam tubuh melebihi batas maksimal, maka bisa menyebabkan pembuluh arteri mengecil dan berakibat tekanan darah meningkat. Hal tersebut disebabkan hormon dalam tubuh yang berfungsi menjaga pembuluh arteri terganggu dan menghambat aliran darah.

2. Menyebabkan Pegal Linu Pada Tubuh

Efek samping dan dampak buruk kafein yang kedua adalah dapat menyebabkan pegal linu atau encok. Pegal linu sendiri merupakan penyakit yang mirip dengan artritis yang bisa menyebabkan radang pada sendi dan otot karena menumpuknya asam urat. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein beresiko lebih besar mengalami encok. Sebab sifat diuretik kafein mampu menyerap banyak cairan dalam tubuh. Sehingga kristal-kristal asam urat dalam tubuh tidak mampu terurai dengan baik.

3. Menyebabkan Keracunan

Keracunan kafein adalah merupakan salah satu dampak buruk kafein yang dikonsumsi secara berlebihan. Penderita yang mengalami keracunan akan mengalami rasa kegelisahan, mulai dari gelisah linglung, bersemangat, gemetar dan detak jantung cepat. Kondisi seperti ini disebabkan oleh dosis kafein yang masuk kedalam tubuh di atas batas normal yaitu 300 mg. Tetapi peningkatan toleransi tersebut membutuhkan dosis yang lebih banyak dari jumlah semula untuk mencapai efek samping yang sama. Untuk overdosis kafein yang dapat membahayakan keselamatan seseorang yaitu meminum kopi sekitar 80 – 100 gelas dalam waktu singkat atau tertentu.

4. Gangguan Jantung

Efek samping dan dampak buruk kafein terhadap jantung masih dalam tahap penyelidikan. Hal yang perlu Anda ketahui, kafein jika dikonsumsi dalam jumlah normal tampaknya tidak memiliki efek negatif pada jantung. Akan tetapi, menurut European Society Of Cardiology (ESC) pecandu minum kopi berisiko lebih besar mengalami serangan jantung. Temuan ini juga mengatakan bahwa pecandu kopi rentan mengalami jantung berdebar-debar dan mudah kelelahan yang berakibat serangan jantung di kemudian hari.

5. Gangguan Tidur Atau Insomnia

Kandungan kafein bisa membuat otak tetap terjaga, namun mengkonsumsi berlebihan dapat menyebabkan insomnia atau gangguan tidur. Akibatnya badan terasa loyo karena malam harinya kurang istirahat. Sementara itu pada siang hari terjadi ketergantungan terhadap asupan kafein yang berakibat terganggunya rutinitas sehari-hari.

6. Ganguan Haid Pada Wanita

Haid yang terjadi pada wanita bisa disebabkan oleh konsumsi kafein yang berlebihan. Sebab kafein mempengaruhi cairan dalam tubuh yang berakibat aliran darah mengecil yang menyebabkan risiko nyeri haid. Hal inilah orang jarang mengetahui terutama kaum wanita bahwa kafein dapat memberi efek samping berupa gangguan haid pada wanita. Apakah Anda salah satu yang mengalami dampak buruk kafein ini?

7. Berat Badan Meningkat Atau Obesitas

Efek samping kafein bisa menyebabkan obesitas atau berat badan meningkat. Jadi jika Anda kebanyakan mengkonsumsi kafein berat badan Anda bisa meningkat. Namun jika mengkonsumsinya tidak berlebihan berat badan Anda tetap aman.

8. Menyebabkan Sakit Kepala

Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi kafein dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan gangguan sakit kepala. Jadi jika Anda penggemar kopi, dan Anda tiba-tiba berhenti mengkonsumsi kopi, Anda dapat mengalami sakit kepala.

9. Mengakibatkan Overdosis

Sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, termasuk mengkonsumsi kafein. Sebab mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan overdosis bahkan keracunan kafein. Gejala overdosis ini bisa dilihat berupa halusinasi dan perasaan yang bingung. Selain itu mual, muntah, diare dan haus berlebihan juga termasuk gejala orang terkena overdosis kafein. Jika gejala tersebut tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

10. Resiko Keguguran Kandungan

Bagi para wanita hamil, mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat memberi dampak buruk pada kandungannya. Sebab, kafein dapat menghambat pertumbuhan pada janin. Hal tersebutlah dapat menyebabkan gangguan kehamilan bahkan mengarah ke kondisi keguguran. Untuk itu kita harus selalu waspada supaya terhindar dari dampak buruk kafein tersebut.