Pendekatan kesehatan tidak dilakukan jelas mengundang masalah sebagaimana yang akan diperoleh Anda yang terburu-buru menurunkan berat badan. Tidak percaya? Mau tahu Efek samping menurunkan berat badan dengan cepat?

Menurunkan berat badan sah-sah saja, malahan sebaiknya dilakukan karena kegemukan itu sendiri juga memicu berbagai gangguan kesehatan. Contohnya adalah diabetes, hipertensi dan penyakit kronis lainnya.

Gangguan kesehatan ini dipengaruhi langsung dari endapan lemak dalam tubuh, atau lemak yang menempel di dalam dinding pembuluh darah. Akhirnya menyebabkan penyumbatan dan terakhir memudahkan gangguan kesehatan terjadi.

Menyadari akan kondisi ini, bukan lantas membuat Anda terburu-buru untuk menurunkan berat badan secara instan seperti diet ketat, atau mengkonsumsi obat-obatan yang bisa mengurangi lemak lebih cepat.

Ingat, ada efek samping yang menemani proses tersebut. Dan efeknya berbahaya bagi tubuh. Apa sih efek samping menurunkan berat badan dengan cepat tersebut? Mari kenali efek negatifnya di ulasan berikut ini!

Nyeri Pada Persendian (Asam Urat)

Menurunkan berat badan secara berlebihan buruk bagi kesehatan, sayangnya sebagian besar dari Anda terobsesi untuk melakukannya. Terlalu mahal harga yang akan Anda bayar jika Anda melakukannya.

Butuh proses tertentu untuk bisa memperoleh berat badan yang ideal. Dan hal tersebut perlu diterapkan secara rutin, serta perlu kesabaran untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Bagaimana jadinya jika menerapkan metode penurun berat badan secara berlebihan? Cukup fatal akibatnya. Contohnya adalah nyeri pada persendian.

Nyeri persendian atau asam urat ini bisa didapati oleh Anda yang melakukan metode penurunan berat badan yang berlebihan. Terutama menerapkan kegiatan olahraga yang berlebihan. Lo kok bisa?

Olahraga memang baik, namun tidak serta merta dilakukan dengan cara yang ekstrim. Terlalu besar resiko yang akan dihadapi karena sejatinya penurunan dengan cara demikian (berlebihan) akan meningkatkan kadar asam di dalam darah.

Meningkatnya kadar asam ini jelas merupakan tanda asam urat. Dan bila ini terjadi, akan terasa nyeri pada persendian yang menyebabkan Anda kehilangan nikmatnya hidup, dan layak seperti mengidap penyakitnya orang tua.

Memicu Penurunan Kadar Gula Dalam Darah

Efek samping menurunkan berat badan dengan cepat ini juga berpengaruh pada menurunnya kadar gula dalam darah. Bukankah hal ini baik? Tergantung!

Jika kadar gula dalam darah turun dalam kondisi normal, malah hal ini akan lebih baik. Karena tidak ada aktifitas yang memicu penyakit seperti diabetes.

Namun jika penurunan ini melebihi ambang batas, hal ini akan memicu diabetes. Anda akan nampak sangat kurus seakan tidak pernah mengkonsumsi makanan. Ini adalah kondisi buruk yang juga harus dihindari.

Supaya tidak terjadi hal demikian, Anda sebaiknya bersabar dalam mengikuti metode penurunan berat badan. Artinya, lakukan metode yang wajar yang memperhatikan pendekatan kesehatan juga.

Kekurangan Nutrisi

Tubuh kekurangan nutrisi juga sebagian dari Efek samping menurunkan berat badan dengan cepat ini. Kondisi ini bermula dari pembatasan jenis makanan yang Anda seharusnya konsumsi di tiap harinya.

Namun karena obsesi menurunkan berat badan secara instan, Anda rela mengabaikan kesehatan tubuh hanya untuk mewujudkan harapan langsing. Sayangnya, hal ini lebih banyak dipilih. Benar bukan?

Contohnya adalah diet ketat. Dengan penerapan ini, berat badan memang cepat turun, namun tubuh tidak berisi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya tubuh untuk mendapatkan nutrisi akibat pembatasan.

Efek samping menurunkan berat badan dengan cepat ini (kekurangan nutrisi) akan menjadi pemicu berbagai persoalan kesehatan. Contohnya Anda tidak bergairah untuk melakukan berbagai kegiatan, mudah ngantuk, dehidrasi dan banyak hal lagi.

Gangguan Pencernaan

Perlu Anda ketahui jika sistem pencernaan adalah pintu utama untuk menuju sehat, entah itu untuk menjaga tubuh tetap sehat atau juga untuk menjaga agar terhindar dari kegemukan.

Sistem pencernaan yang lancar akan mampu memproses makanan, memecah makanan menjadi sari-sari yang akan disalurkan ke seluruh tubuh. Adanya nutrisi ini akan menguatkan fungsi-fungsi dalam tubuh semisal membantu dalam mengatasi lemak yang berlebihan.

Apa jadinya jika sistem pencernaan tidak lancar? Jelas berpengaruh pada disfungsi tubuh karena nutrisi yang dibutuhkan tidak kunjung disediakan.

Masalahnya, gangguan pencernaan ini Anda yang memulainya seperti melakukan pembatasan makanan di tiap hari untuk menurunkan berat badan. Hal ini jelas menjadi efek samping menurunkan berat badan dengan cepat.

Pembatasan makanan ini nantinya akan memicu munculnya pembentukan batu empedu. Pembentukan ini terjadi karena Anda terbiasa untuk membatasi makanan berlemak secara berlebihan. Akhirnya, batu empedu tadi lambat laun akan mengganggu sistem pencernaan di dalam tubuh.

Nah, tidak normalnya sistem pencernaan ini nantinya akan memunculkan berbagai jenis gangguan kesehatan. Dan Anda akan berfikir ulang untuk melakukan penyembuhan lain seperti menggunakan obat atau ramuan lain.

Kondisi ini jelas merupakan tindakan yang agak sia-sia, malahan bisa dikatakan tidak efektif. Karena di sisi lain bisa menurunkan berat badan, malahan Anda mendapati masalah baru pada kesehatan Anda. Jadi, cerdaslah dalam menurunkan berat badan.

Kesimpulannya, lebih baik menghindari efek samping menurunkan berat badan dengan cepat dengan cara menerapkan metode penurunan berat badan yang sewajarnya saja supaya Anda tidak mendapati masalah baru pada tubuh.