Pernahkah Anda mengalami pegal-pegal pada kaki padahal Anda tidak melakukan aktivitas yang begitu berat? Atau Anda sering mengalami kebas dan kesemutan pada tangan dan kaki? Bisa jadi ini adalah tanda-tanda kolesterol tinggi pada tubuh Anda. Karena tanpa disadari, kadar kolesterol atau LDL seseorang sering naik tanpa disadari. Dan hal ini tidak hanya dialami oleh orang tua, kaum muda pun bisa saja mengalaminya jika gaya hidupnya tidak sehat. Apa saja gejala kolesterol? Simak pembahasannya berikut ini.

Kaki Terasa Pegal, Apakah Kolesterol Sedang Tinggi?

Sebenarnya, secara alami tubuh kita sudah memproduksi kolesterol dalam tubuh. Dan jika tubuh kekurangan kolesterol, akan berkaibat pada keseimbangan hormon steroid dan adrenalin kita. Akan tetapi, jika dalam tubuh terdapat kelebihan kolesterol, maka kolesterol jahat itu akan ditumpuk di dalam darah. Sehingga jika dibiarkan akan mengganggu sistem peredaran darah dan memicu gangguan kardiovaskular alias gangguan jantung. Jika berlarut-larut, akan berujung pada stroke. Siapapun bisa terserang kolesterol tanpa disadari. Salah satu tandanya adalah kaki terasa pegal. Lantas, apa saja gejala kolesterol dan tanda-tanda kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai? Berikut ini tanda-tanda kadar kolesterol Anda sedang meningkat dan untuk antisipasi dini.

1. Sering Mengalami Pegal Pada Kaki Dan Tangan

Seringkali penderita kolesterol tinggi mengalami rasa pegal pada kaki dan juga tangan di tangan. Para penderita akan merasa kesulitan untuk berjalan sedikit jauh atau mengangkat beban terlalu berat. Hal ini berbeda pada

2. Gangguan Rasa Sakit Pada Tengkuk Sampai Pundak

Selain merasa nyeri pada kaki dan tangan, penderita kolesterol tinggi juga akan merasa sakit pada bagian tengkuk sampai pundak. Seperti jika Anda sedang menyangga beban yang sangat berat. Bahkan biasanya juga akan disertai nyeri pada bagian leher.

3. Wajah Menjadi Terlihat Merah

Terkadang kolesterol yang tinggi disertai dengan naiknya tekanan darah. Sehingga hal ini berakibat pada membengkaknya pembuluh darah. Sehingga bagian wajah yang terbuka akan terlihat seperti kemerahan.

4. Kebas Pada Kaki Dan Tangan

Kebas dan kesemutan terkadang juga sering menghampiri penderita kolesterol dan sering menjadi gejala awal seseorang dicurigai menderita kolesterol tinggi. Biasanya pada orang yang sudah berusia di atas 35 atau 45 tahun.

5. Pusing Dan Sakit Kepala

Gangguan nyeri pada pundak, leher dan tengkuk yang diderita orang yang kadar kolesterolnya tinggi seringkali berujung pada pusing dan sakit kepala. Hal ini diakibatkan tingginya kolesterol membuat aliran darah menjadi kurang lancar.

6. Mudah Lelah

Mudah lelah juga akan sering dirasakan oleh penderita kolesterol tinggi. Tubuh penderita juga akan semakin sering merasa lemas dan kurang bergairah.

7. Keseimbangan Terganggu

Sakit kepala yang diderita oleh penderita kolesterol tinggi serta gangguan sakit pada kaki dapat mengakibatkan melemahnya kekuatan kaki untuk menopang tubuh. Hal ini juga akan mendatangkan rasa yang tidak nyaman. Sehingga penderita akan kehilangan keseimbangan saat bergerak. Tak jarang penderita akan terlihat berjalan sempoyongan, berusaha menyeimbangkan badannya.

8. Emosi Yang Tidak Stabil

Rasa sakit dari berbagai gangguan tadi akhirnya bisa berujung pada emosi penderita yang kemudian tidak stabil. Hal ini karena rasa sakit tersebut bisa sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas penderita kolesterol tinggi ini. Dan rasa sakit ini bisa datang sewaktu-waktu. Apalagi jika pada waktu cuaca dingin. Maka wajar jika kemudian penderita akan merasa tertekan dan kemudian luapan emosinya menjadi tidak stabil. Jika hal ini terus berlanjut bisa berakibat pada naiknya tensi darah alias hipertensi.

Demikian 8 tanda-tanda kolesterol tinggi yang paling umum dijumpai pada penderita. Alangkah baiknya jika seseorang atau mungkin Anda sendiri saat merasakan beberapa gejala di atas agar segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dikarenakan jika hal ini dibiarkan terus akan berakibat pada darah tinggi, gangguan kardiovaskular bahkan stroke.

Kebiasaan hidup sehat dan gemar berolahraga serta memperhatikan makanan yang dikonsumsi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Berjemur di bawah sinar matahari pagi yang kaya akan vitamin D juga sangat dianjurkan, mengingat vitamin D dan panas sinar matahari ini akan membantu mengencerkan kolesterol yang ada dalam darah.