Ternyata cara diet alami tidak hanya membuat Anda mendapatkan berat badan yang ideal saja, namun juga dapat memiliki tubuh yang sehat pula. Bahkan dengan diet alami juga menghindari efek samping saat melakukan diet. Untuk memperoleh berat badan yang ideal dengan cara diet sebenarnya bukanlah hal yang sulit.

Anda juga tidak perlu menyiksa diri dengan mengurangi porsi makan, mengkonsumsi makanan yang tidak enak, atau bahkan tidak makan. Lalu, bagaimana cara diet alami yang baik dan benar?

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Tentukan target

Tentukan target yang realistis sebelum Anda memulai menerapkan cara diet alami dan selama diet tersebut berlangsung. Jangan sekali-kali Anda terlalu terobsesi untuk menurunkan badan secara cepat. Yang terpenting selalu menetapkan target-target kecil seperti, tidak memakan makanan cepat saji, makan gorengan, dan lain-lainnya.

2. Konsumsi Makanan Yang Kaya Serat

Cara diet alami selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat. Adapun makanan yang mengandung banyak serat sendiri adalah kacang tanah, pisang, pepaya, jagung, beras merah, brokoli, alpukat, kacang polong dan kubis. Selain dapat menurunkan berat badan secara cepat, makanan-makanan tersebut juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dan membantu proses detoksifikasi.

3. Olahraga Secara Teratur

Tidak bisa dipungkiri lagi jika olahraga merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan atau diet. Pasalnya dengan Anda berolaharga maka kalori atau lemak yang ada di dalam tubuh akar terbakar. Jadi buat Anda yang ingin melakukan diet, maka mulai sekarang harus melakukan olahraga secara teratur. Dengan begitu, tidak lama kemudian tubuh Anda yang tadinya gemuk akan langsung menjadi langsing.

4. Usahakan Tidur Secara Teratur

Perlu Anda ketahui, cara menurunkan berat badan dengan makanan dan olahraga saja belum lengkap tanpa melakukan tidur yang cukup. Karena tidur sendiri sama pentingnya dengan menjaga pola makan maupun aktivitas fisik. Hal tersebut dibuktikan dengan sebuah studi yang menunjukkan bahwa insomnia dapat meningkatkan sebuah resiko terjadinya obesitas. Maka dari itulah, tidur teratur perlu Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

5. Minumlah Air Jeruk Nipis Pada Pagi Hari

Jeruk nipis memang dikenal sebagai salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat positif bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan secara cepat. Untuk menurunkan berat badan dengan jeruk nipis ini Anda bisa meminum airnya pada pagi hari secara rutin. Jeruk nipis yang dikenal mempunyai banyak vitamin C ini akan bekerja menyerap kalsium di dalam sel-sel lemak. Sehingga berat badan yang tadinya gemuk maka akan turun secara cepat.

6. Kurangi Makanan Dengan Kadar Gula Tinggi

Jika selama ini Anda pikir hanya makanan berlemak yang dapat meningkatkan berat badan, maka Anda salah benar. Pasalnya, ada penelitian yang menunjukkan jika mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi pun juga dapat membuat berat badan Anda meningkat. Jadi mulai sekarang kalau ingin mendapatkan berat badan yang ideal, maka jauh-jauhlah Anda dari makanan yang mempunyai kadar gula tinggi.

7. Perbanyak Minum Air Mineral

Cara diet alami paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan perbanyak minum air mineral. Karena selain membantu metabolisme tubuh dan meningkatkan kinerja ginjal, air mineral juga dapat menurunkan berat badan.

8. Kurangi Konsumsi Makanan Kemasan

Buat Anda yang berencana ingin menurunkan berat badan atau diet sebaiknya kurangi konsumsi makanan kemasan. Hal tersebut dikarenakan di dalam makanan kemasan sering mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Yang mana kandungan-kandungan tersebut mengakibatkan tubuh menjadi gendut. Jadi, jika ingin diet Anda berhasil dan cepat, maka mulai sekarang hindari makanan-makanan kemasan.

9. Perhatikan Pola Makan Malam

Untuk menurunkan berat badan sendiri pada dasarnya tidak perlu meninggalkan makan malam. Yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan pola makan malam. Pada malam hari, biasanya tubuh Anda tidak banyak melakukan aktivitas, sehingga hanya butuh asupan energi maupun gula dalam jumlah sedikit. Jadi, atur pola makan malam Anda dengan perbanyak konsumsi buah maupun sayur untuk menurunkan berat badan.

10. Puasa Secara Rutin

Berpuasa tidak hanya memberikan manfaat terhadap kesehatan seperti memperbaiki fungsi sel-sel maupun memperbaiki metabolisme tubuh. Namun, kebiasaan baik inilah juga dapat membantu Anda untuk mengatur asupan kalori yang berlebihan setiap harinya. Tidak heran, jika puasa secara rutin merupakan salah satu cara diet alami yang sering dipilih oleh kebanyakan orang.