makanan penyebab kankerKanker merupakan salah satu penyakit mematikan pertama yang ada di dunia. Biasanya penyebab orang menderita penyakit kanker ini adalah makanan yang mereka makan setiap harinya.

Hal tersebut dikarenakan ada beberapa jenis makanan yang kandungannya dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh, terutama penyakit kanker. Lalu apa saja makanan yang menyebabkan resiko terkena penyakit kanker?

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan berikut ini. Namun, sebelumnya kita ketahui dulu penyebab utama dari penyakit kanker.

Penyebab Utama Penyakit Kanker

Pada umumnya penyebab utama dari penyakit kanker adalah mutasi DNA pada sel, yang mana sel tersebut memecah diri dengan kecepatan melebihi normalnya. Dan akhirnya terjadi suatu penumpukan sel-sel baru yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sel-sel baru inilah yang nantinya akan terus tumbuh menjadi dewasa yang kemudian membelah diri lagi dan seterusnya.

Makanan Penyebab Kanker

Setelah Anda mengetahui penyebab utama penyakit kanker, maka tiba saatnya membahas mengenai makanan yang memicu penyakit kanker. Ada beberapa makanan yang sering kita makan setiap hari yang meningkatkan maupun menyebabkan terjadinya kanker. Dan berikut ini beberapa makanan pemicu terjadinya penyakit kanker yang perlu Anda ketahui.

1. Daging Olahan

Makanan penyebab kanker yang pertama perlu Anda ketahui adalah makanan daging olahan. Biasanya makanan daging olahan seperti ayam kalkun, daging babi, sosis, dan hot dog, ini mengandung bahan pengawet. Bahan pengawet inilah yang menyebabkan terjadinya kanker pada tubuh manusia. Jadi, sebelum Anda membeli daging olahan, sebaiknya pastikan periksa label pada daging yang hendak dibeli.

2. Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan salah satu makanan yang sering digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang begitu enak dan lezat. Tapi apakah Anda tahu jika kentang goreng itu salah satu makanan penyebab kanker?

Ya, hal tersebut dikarenakan di dalam kentang goreng sendiri terdapat tingkat akrilamida (ketika digoreng maupun dipanggang) yang sangat tinggi. Selain itu, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa makanan ini dapat meningkatkan resiko berbagai jenis kanker di dalam tubuh manusia.

3. Makanan Kaleng

Salah satu makanan yang sering menyebabkan seseorang mengalami penyakit kanker adalah makanan kaleng. Bahkan, hampir 70 % pengujian kemasan makanan kaleng di Amerika Serikat mendeteksi adanya kandungan BPA yang terkait dengan kerusakan neurologis dan kanker.

Walaupun Anda perlu mempertimbangkan untuk mengeluarkan tenaga ekstra dan uang yang banyak buat mendapatkan dan mengolah makanan segar. Akan tetapi, masalah kualitas kesehatan makanan segar sungguh jauh berbeda dengan makanan kaleng.

4. Tepung Putih

Perlu diketahui, kandungan berlebih dari karbohidrat yang terdapat pada tepung putih merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit kanker. Bahkan, ada sebuah studi ternama yang menyatakan, jika karbohidrat olahan sendiri dapat meningkatkan 220% kanker payudara. Maka dari itulah untuk menghindari hal-hal tersebut, alangkah baiknya pilihlah tepung yang belum melalui proses pemutihan.

5. Minyak Terhidrogenasi

Buat Anda yang tadinya memasak menggunakan minyak lemak trans atau minyak terhidrogenasi, sebaiknya mulai sekarang jangan memakainya lagi. Pasalnya selain tidak memiliki sama sekali nilai gizi, minyak terhidrogenasi juga dapat meningkatkan resiko penyakit kanker dan beberapa komplikasi kesehatan lainnya.

Hal tersebut dikarenakan lemak hewan/ keju dapat meningkatkan kadar LDL kolesterol buruk dan dapat menurunkan tingkat HDL kolesterol baik dalam darah.

6. Makanan Diet

Walaupun makanan diet pada umumnya baik terhadap kesehatan, namun bagi beberapa orang makanan diet malah cenderung sangat buruk. Bahkan, makanan yang satu ini sering dibilang lebih buruk dibandingkan dengan pemanis buatan maupun soda.

Studi yang dilakukan Otoritas Keamanan Makanan Eropa mengatakan, aspartame atau bahan yang sering digunakan untuk pemanis buatan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Salah satu penyakit tersebut adalah kanker.

7. Microwave Popcorn

Jika Anda berencana untuk menonton film di bioskop, mulai sekarang lewatkan untuk memakan atau membeli popcorn yang dibuat dengan microwave. Lebih baik buat sendiri popcorn tersebut di atas kompor dengan menggunakan minyak zaitun, sedikit garam, dan merica. Hal tersebut tidak lain supaya Anda terhindar dari dampak terkena penyakit kanker.

Pasalnya, kemasan popcorn microwave sendiri dilapisi dengan asam perfluorooctanoic dan bahan kimia yang terkait dengan infertilitas wanita. Yang mana bahan-bahan tersebut diketahui meningkatkan terjadinya risiko kanker hati, pankreas ginjal, kandung kemih, dan kanker testis.