sakit-kepala

Seiring dengan padatnya aktivitas, tidak jarang ditengah jadwal yang padat kita sering merasa sakit kepala yang terasa dalam hitungan menit.

Dan tidak jarang banyak diantara kita yang sering mengabaikan sakit tersebut dengan asumsi nanti juga sembuh dengan sendirinya.

Namun, sebaiknya anda jangan mengabaikan sakit kepala tersebut, dan anda juga harus memahami betul mengapa sakit kepala. Hal ini dilakukan karena selain dapat mengganggu aktivitas, dikhawatirkan sakit kepala ini juga menjadi pertanda dari penyakit yang cukup serius.

Selain harus segera mengatasi sakit kepala tersebut ada baiknya anda juga memahami beberapa pemicu sakit kepala. Jadi, mengapa sakit kepala?? Berikut ini adalah penjelasan tentang pemicu sakit kepala yang harus anda hindari:

1. Iklim

Sering terjadi namun sering diabaikan oleh sebagian orang, iklim menjadi salah satu pemicu sakit kepala yang kerap anda rasakan. Baik itu cuaca dingin maupun panasnya terik matahari. Tentu saja iklim semacam ini tidak dapat anda hindari apalagi bagi anda yang beraktivitas diluar ruangan. Untuk itu ada baiknya anda menggunakan sunglasses saat siang hari. Hal ini untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung, sehingga sakit kepala dapat dihindari.

2. Aktivitas Fisik

Tanpa anda sadari, aktivitas fisik yang sering dilakukan dapat menjadi penyebab mengapa sakit kepala. Aktivitas fisik tersebut seperti olahraga yang berlebihan. Dengan melakukan olahraga yang berlebihan akan membuat tubuh anda menjadi kelelahan sehingga anda akan mudah terserang sakit kepala. Namun ketika terjadi sakit kepala yang tidak kunjung sembuh, ada baiknya harus diwaspadai. Karena hal ini bisa saja mengindikasi terjadinya pendarahan di otak. Selain olahraga yang berlebihan hal sepele seperti mengikat rambut yang terlalu kencang juga dapat menjadi pemicu sakit kepala. Hal ini dikarenakan menegangnya penghubung jaringan kulit kepala.

3. Makanan Olahan

Di zaman yang serba cepat ini, membuat orang lebih memilih makanan olahan. Selain cepat dapat disajikan, cara menyajikannya pun cukup mudah. Namun tanpa disadari dengan hobi makan makanan olahan ini dapat membuat anda sakit kepala. Makanan olahan yang dapat membuat anda sakit kepala adalah sebagai berikut: daging yang diawetkan, makanan yang banyak mengandung MSG. Selain itu  mengkonsumsi kacang-kacangan juga dapat mengakibatkan sakit kepala. Namun perlu diingat bahwa makanan tersebut dapat memicu sakit kepala apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dikonsumsi setiap hari. Maka dari itu, lebih bijak dan selektiflah dalam memilih makanan olahan.

4. Keadaan Lapar

Menahan lapar atau tidak sempat makan karena terlalu sibuk juga dapat memicu sakit kepala. Hal ini dikarenakan saat kondisi lapar kadar gula dalam darah akan menurun. Selain itu kepala juga menjadi lebih berat. Solusi yang tepat adalah segeralah makan dan jangan mengkonsumsi permen saat lapar. Karena dengan mengkonsumsi permen saat lapar membuat gula darah meningkat tajam kemudian langsung turun lebih rendah dari sebelumnya. Untuk itu kenapa pentingnya makan teratur agar terhindar dari sakit kepala yang dapat menghambat pekerjaan anda.

5. Merokok

Sering tidak disadari bahwa sakit kepala juga dapat timbul dari kebiasaan merokok. Lebih parahnya lagi sakit kepala tidak hanya menyerang perokok aktif saja, melainkan juga perokok pasif yang menghirup asap rokok. Hal ini dikarenakan nikotin yang terkandung didalam rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada otak. Selain dapat menimbulkan sakit kepala, asap rokok juga sangat berpengaruh pada kesehatan mata dan hidung. Untuk itu bijaklah dalam mengkonsumsi rokok, dan hindari keramaian agar tidak mengganggu orang-orang disekitar anda. Dan bagi anda perokok pasif, hindarilah asap rokok untuk menjaga kesehatan anda.

6. Gerakan Yang Tidak Tepat

Posisi tubuh yang tidak tepat juga dapat menjadi salah satu pemicu sakit kepala. Misalnya yaitu menekuk, miring ataupun hanya sekedar bermalas-malasan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan tekanan darah di area punggung dan leher.

7. Zat Tiramin

Sebaiknya anda menghindari makanan yang banyak mengandung zat tiramin. Makanan yang mengandung zat tiramin ini biasanya adalah makanan yang proses pembuatannya lama, misalnya keju dan minuman beralkohol. Karena dengan mengkonsumsi zat tiramin yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah ke otak, sehingga akan membuat anda semakin pusing.

Demikian informasi tentang pemicu sakit kepala yang kerap anda rasakan. Jaga pola hidup anda dan semoga sehat selalu.