Saat mendengar kata kolesterol, hal pertama yang terlintas dalam benak kita pastilah penyakit yang kardiovaskular yang menyerang sistem peredaran darah kita yang kebanyakan diderita oleh para orang tua. Eitss, tunggu dulu. Ternyata kolesterol bisa menyerang siapa saja yang memiliki kebiasaan hidup tidak sehat dan kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Namun tenang saja, berikut ini makanan penyerap kolesterol berupa sayuran pereda kolesterol yang dapat diolah menjadi makanan penurun kolesterol pada tubuh.

Kolesterol Dan Makanan Penurun Kolesterol

Saat seseorang menderita kolesterol, sebenarnya di dalam tubuhnya sedang ada peningkatan kadar kolesterol dalam darah yang mengakibatkan tersumbatnya aliran darah ke seluruh tubuh. Next, jika dibiarkan, kolesterol bisa menjadi awal serangan jantung serta darah tinggi. Bagi penderita kolesterol, yang harus diperhatikan adalah konsumsi makanan yang seimbang dan pola hidup sehat serta konsumsi air putih yang cukup. Karena dengan cara sederhana ini, kadar kolesterol dalam darah dapat diturunkan secara alami sekaligus kita dapat mengendalikannya. Berikut ini adalah makanan penyerap kolesterol yang bisa dengan mudah Anda buat dan Anda konsumsi.

Bubur Gandum

Bubur gandum atau bahasa kerennya Oatmeal adalah makanan pokok bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan kolesterol. Semangkuk oatmeal untuk sarapan dicampur susu sapi segar tanpa gula atau bisa Anda ganti dengan madu, sudah cukup untuk energi Anda sampai siang hari.

Yoghurt

Salah satu fermentasi susu yang memiliki rasa sedikit asam dan segar, biasanya dipadukan dengan rasa buah-buahan sehingga mengurangi kadar amisnya, merupakan makanan yang baik juga untuk menurunkan kolesterol. Bisa Anda konsumsi dengan cara dibuat salad maupun Anda minum secara rutin setiap hari.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kadar serat yang tinggi yang dapat menyerap kolesterol dengan baik sebelum dia menyebar ke dalam pembuluh darah dan kemudian akan mengendap dan menyumbat aliran darah.

Makanan Olahan Ikan

Bisa ikan air tawar maupun seafood. Mengingat keduanya merupakan sumber omega 3 terbesar. Namun khusus untuk olahan seafood, usahakan jangan sampai digoreng atau dibakar, karena justru omega 3 yang baik untuk melawan kolesterol akan menjadi lemak jahat dan karsinogen alias zat pemicu kanker. Sedangkan untuk jenis ikan air tawar, lele dan ikan gabus merupakan kandidat unggulan. Dan istimewanya, semua jenis ikan air tawar dapat diolah dengan cara apapun.

Minuman Cokelat Panas

Cokelat juga merupakan makanan yang berasal dari biji-bijian, yakni biji tanaman kakao. Coklat panas tanpa gula atau diganti dengan gula batu maupun madu dapat membantu melarutkan kadar kolesterol dalam darah.

Jus Buah

Jus buah alpukat, tomat, apel, dan beri-berian adalah ramuan ampuh untuk mengusir kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Perasan air jeruk hangat juga sangat baik untuk dikonsumsi penderita kolesterol. Untuk perasan air lemon dan air hangat sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Salad Buah Dan Sayur

Salad buah dan sayur yang dipadukan dengan yoghurt dan minyak zaitun akan sangat bagi Anda yang menderita kolesterol dan sedang berjuang untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Pilihan sayur yang bisa menyerap kolesterol dengan baik seperti tomat, mentimun, sawi, dan buah-buahan pereda kolesterol seperti beri-berian, kacang almond, apel, jeruk, kiwi, akan sangat ampuh melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

Makanan Olahan Kedelai

Kedelai memiliki kandungan isoflavin tinggi yang sangat berguna membantu menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi makanan olahan kedelai akan sangat baik bagi tubuh. Namun sebaiknya, dalam mengolah makanan berbahan dasar kedelai sebaiknya Anda menghindari menggunakan minyak sayur, tapi gunakanlah margarin atau minyak zaitun. Akan lebih baik pula jika direbus.

Bubur Beras Merah

Bubur beras merah seperti halnya bubur gandum, dapat Anda jadikan alternatif sumber karbohidrat selama Anda diet melawan kolesterol. Selain mengandung vitamin B, beras merah juga mengandung nutrisi lain seperti solenium, magnesium, dan fitonutrien.

Selain memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi, Anda juga harus merubah pola hidup Anda. Sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan berminyak. Penggunaan bawang putih untuk bumbu juga akan baik bagi tubuh Anda. Banyaklah berolahraga dan berjemur sinar matahari pagi untuk membantu mengangkat kolesterol dalam darah.