masalah-perut-buncitKetika Perut Buncit Sangat Mengganggu Penampilan Anda? Inilah Solusinya

Memiliki perut buncit tentu saja sangat tidak mengenakkan. Selain bisa mengganggu kesehatan tubuh, perut yang buncit juga dapat membuat rasa percaya diri menjadi turun derastis. Salah satunya adalah dalam hal berpenampilan.

Memiliki perut dengan struktur otot yang bagus merupakan idaman setiap orang yang ada di dunia ini. Penampilan Anda akan tampak lebih seksi dan menarik manakala memiliki bentuk badan yang idela seperti ini. Dan pastinya dengan bentuk perut yang atletis bisa Anda jadikan senjata yang ampuh untuk menarik lawan jenis tentunya.

Maka dari itu tidak mengherankan apabila banyak yang rela melakukan apapun agar supaya memiliki bentuk perut yang ideal. Bahkan ada yang dengan senang hati mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk membentuk struktur otot yang ideal pada bagian perut tersebut.

Persepsi kebanyakan orang yang menganggap bahwa ketika perut sudah mulai buncit akan sangat sulit untuk dikembalikan lagi merupakan sebuah persepsi yang salah besar. Karena sebenarnya banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncit tersebut.

Dalam situasi seperti ini Anda tinggal memilih apakah ingin dengan cara yang murah ataupun cara yang mahal. Akan tetapi yang terpenting dari semua itu adalah jangan sampai Anda salah mengambil keputusan yang pada akhirnya akan membahayakan diri Anda sendiri.

Sebenarnya apabila Anda jeli dalam mengatur pola hidup, Anda tidak akan memiliki perut yang buncit. Tetapi yang terjadi kebanyakan adalah Anda banyak melakukan sesuatu yang tanpa Anda sadari merupakan pemicu dari timbulnya perut yang buncit tersebut.

Maka dari itu menghindari sesuatu yang bisa mengakibatkan perut menjadi buncit haruslah Anda lakukan. Lantas kemudian yang menjadi pertanyaannya adalah sebenarnya apa sajakah yang bisa membuat perut menajadi bincit?

6 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Anda Ketahui

Sudah menjadi kesepahaman bersama bahwasanya memiliki perut yang buncit akan sangat mengganggu dalam hal berpenampilan. Bahkan lebih parahnya lagi Anda bisa jadi akan menjadi bahan ejekan dari teman-teman Anda dikarenakan perut yang buncit tersebut.

Situasi seperti ini apabila terus berlanjut akan sangat membahayakan. Rasa percaya diri yang terus menurun akan membuat psikologi Anda semakin terganggu. Bahkan akibat terburuknya Anda akan menjadi stress sehingga malas untuk bersosialisasi dengan lingkungan.

Agar supaya perut yang buncit ini tidak Anda alami salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menghindari faktor-faktor yang menyebabkannya. Sehingga ketika Anda sudah mengetahui penyebabnya maka Anda akan lebih mudah untuk mengantisipasinya. Adapaun faktor-faktor yang sering menjadi penyebab timbulnya perut buncit adalah sebagai berikut:

  1. Faktor Keturunan

Ternyata fakto bilologis ini bisa menjadi pemicu timbulnya perut yang buncit pada diri Anda. dikarenakan faktor keturunan ini tidak dapat dihindari maka langkah yang bisa Anda ambil adalah bagaimana Anda menyikapinya. Sikapilah dengan cara yang bijak dan segeralah cari solusinya.

  1. Faktor Penuaan

Usia yang terus bertambah tidak mungkin bisa dicegah. Meskipun demikian ketika pembuncitan pada perut Anda dikarenakan faktor usia sebenarnya bisa untuk diantisipasi. Sehingga meskipun sudah tua sekalipun tidak terjadi pembuncitan pada perut Anda.

Penyebab kenapa penuaan bisa mengakibatkan terjadinya perut yang membuncit adalah dikarenakan produksi hormon dehydroepiandrosterone (DHEA) yang mulai mengalami penurunan sehingga ketika hormon ini produksinya mengalami penurunan akan mengakibatkan akumulasi lemak pada perut semakin meningkat.

  1. Faktor Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman bisa dikatakan sebagai penyebab terbesar terjadinya perut buncit pada diri Anda. Kebanyakan mengkonsumsi makanan yang mengandung jumlah kalori serta lemak yang tinggi bisa memicu terjadinya pembuncitan pada perut.

Selain itu keseringan meminum minuman yang banyak mengandung alkohol juga bisa menjadi pemicu pembuncitan pada perut. Hal ini disebabkan minuman beralkohol dapat menyebabkan otot perut menajadi cepat mengendur sehingga pembuncitan pada perut tidak dapat terhindarkan.

  1. Faktor Rokok

Tanpa Anda sadari sebenarnya tembakau yang menjadi bahan dasar dari rokok dapat menjadi pemicu kerusakan pada organ pencernaan Anda. Dengan terganggunya sistem pencernaan akan berdampak juga terhadap lambung sehingga yang terjadi kemudian adalah terjadi pembuncitan pada bagian perut.

  1. Faktor Stress

Kondisi psikologi yang tidak stabil dikarenakan stress akan berdampak juga terhadap kerja tubuh dan juga pencernaannya. Ketika Anda stress umumnya Anda akan merasa kenyang terus sehingga akhirnya akan menimbulkan permasalahan lainnya seperti kemampuan tubuh dalam menyimpan lemak akan terganggu. Dan yang terjadi pada akhirnya adalah perut akan menjadi semakin mengembang dan lambat laun pembuncitan pada perut tidak dapat terhindarkan lagi.

  1. Faktor Perubahan Pada Hormon

Timbulnya perut buncit juga bisa disebabkan karena adanya perubahan hormon, terutama pada saat seseorang mengalami menopause. Pada saat menopause ini produksi dari hormon seks estrogen akan mengalami penurunan sehingga akan berdampak terhadap semakin meningkatnya lemak pada perut.

3 Jenis Olahraga Untuk Mengatasi Perut Buncit

Bagi Anda yang lebih suka mengenakan pakean ketat misalnya seperti kaos dan juga kemeja akan sangat terganggu ketika memiliki perut yang buncit. Ketika Anda memaksakannya dengan mengenakan baju yang ketat maka Anda pasti hanya akan menjadi bahan tertawaan teman-teman Anda.

Sedangkan bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki struktur perut yang membuncit sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang sederhana. Misalnya saja dengan terus memperkencang otot perut Anda dengan melakukan olahraga.

Olahraga yang tepat secara rutin sangat efektif untuk membentuk otot perut Anda menjadi ideal dan seksi tentunya. Adapun jenis olahraga yang bisa Anda pilih adalah sebagai berikut ini:

  1. Sit UP

Sit up merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa dibilang cukup efektif untuk mengatasi perut buncit. Alasan terbesanya adalah dikarenakan sit up ini merupakan jenis olahraga yang fungsi utamanya adalah untuk memperkuat otot pada bagian perut. Selain itu sit up juga  sangat efektif untuk membakar lemak khususnya lemak pada bagia perut.

  1. Crunche

Selain sit up, crunche juga terbilang olahraga yang efektif untuk membakar lemak serta memperkuat otot perut. Selain itu crunche juga olahraga yang sangat baik untuk melatih pernafasan.

  1. Leg Raising

Leg raising selain sangat bagus untuk memperkuat otot paha, pinggul, serta kaki juga sangat baik untuk membentuk otot serta membakar lemak yang berada pada bagian perut. Maka dari itu leg raising terbilang jenis olahraga yang juga efektif sebagai solusi bagi Anda yang memiliki perut buncit.

  1. Push Up

Kebanyakan orang berasumsi bahwa push up hanya efektif untuk membentuk otot pada tangan. Padahal sebenarnya melakukan push up secara rutin juga berdampak tehadap pembentukan otot perut serta pembakaran lemak pada perut.

Agar supaya perut yang buncit bisa teratasi dengan cepat Anda bisa mengkombinasikan beberapa jenis olaraga di atas. Selain itu juga menghindari penyebab terjadinya perut buncit juga harus Anda lakukan.