Manfaat serat bagi tubuh adalah melancarkan buang air besar. Namun manfaat serat bukan hanya itu saja. Masih banyak lagi manfaat yang terkandung di dalamnya. Mengkonsumsi makanan berserat sangat baik untuk kesehatan, karena serat adalah kandungan di dalam makanan sumber nabati. Serat terbagi menjadi dua bentuk, yaitu larut dalam air dan ada yang tidak larut di dalam air.

Makanan yang mengandung serat di dalam air antara lain oat, kacang polong, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Sedangkan makanan yang mengandung serat tidak larut di dalam air antara lain gandum, kacang hijau, serta sayur-sayuran seperti bayam, kangkung, kembang kol dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan ketika mengkonsumsi serat antara lain sebagai berikut :

1. Dapat melancarkan pencernaan

Ketika tubuh kekurangan serat, kita akan mengalami sembelit. Sembelit adalah keadaan feses yang keras sehingga sulit dikeluarkan dari tubuh. Sembelit sangat berbahaya karena menyebabkan wasir atau ambeien.

2. Dapat menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol jahat (LDL) dapat diturunkan oleh serat yang larut di dalam air. Karena serat yang larut dalam air dapat mengikat kolesterol jahat di dalam pencernaan dan dikeluarkan bersama feses.

3. Dapat membantu mengontrol kadar gula darah

Serat yang larut di dalam air, mampu memperlambat pengosongan lambung. Sehingga dapat memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh. Maka dari itu gula darah menjadi tidak cepat naik. Demikian manfaat kesehatan ketika mengkonsumsi serat.