Siapa coba di sini yang belum pernah merasakan migrain, pasti hampir semua orang pernah merasakannya. Ya, migrain merupakan salah satu sakit kepala yang sering mengganggu aktivitas seseorang. Biasanya. Migrain sendiri akan menyerang seseorang dan berlangsung dalam kurun waktu dua sampai tiga jam.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan seseorang mengalami migrain?

Pada dasarnya apa beberapa kebiasaan yang menyebabkan seseorang itu mengalami migrain. Namun, sebelum kita membahas lebih mengenai kebiasaan atau penyebab migrain, alangkah baiknya kita ketahui dulu pengertian migrain.

Apa Itu Migrain?

Migrain atau migrane headaches merupakan salah satu serangan sakit kepala parah yang disertai dengan mual dan juga muntah. Biasanya orang yang terkena migrain mereka akan sangat sensitif dan peka terhadap cahaya maupun suara. Pada banyak orang, serangan migrain ini dirasakan hanya pada setengah bagian kepala saja. Sehingga migrain sendiri sering dikenal dengan istilah sakit kepala sebelah.

Kebiasaan Yang Menyebabkan Terkena Migrain

Hampir semua orang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan setiap hari ternyata menyebabkan terjadinya migrain. Entah itu kebiasaan yang dianggap sepele maupun kebiasaan yang buruk-buruk. Agar lebih jelasnya, langsung saja berikut ini beberapa kebiasaan yang menyebabkan orang terkena migrain.

1. Sering Melewatkan Istirahat Dan Makan Siang

Salah satu kebiasaan sepele yang menyebabkan seseorang terkena migrain adalah sering melewatkan istirahat dan makan siang. Pasalnya, penyebab utama dari terkena migrain sendiri adalah kurangnya istirahat yang cukup. Bahkan bukan hanya itu saja, kurangnya istirahat juga membuat seseorang merasa mudah lelah, mengantuk dan juga emosinya tidak stabil. Maka dari itulah, buat Anda yang tidak ingin mengalami migrain sebaiknya istirahat yang secukupnya.

2. Sering Mengkonsumsi Frozen Food

Seberapa sering Anda mengkonsumsi atau tergoda untuk membuka makanan kalengan maupun mampir di gerai junk food? Sekadar informasi saja, jika sejumlah asupan yang mengandung zat aditif berupa nitrit seperti processed meat (kornet, salami,) yang dibekukan menyebabkan migrain. Namun tidak semua orang yang mengkonsumsi makanan frozen food ini sering terkena migrain, hanya beberapa sebagian orang saja.

3. Ketergantungan Makanan/ Minuman Yang Berkafein

Tidak diragukan lagi jika makanan maupun minuman yang mengandung kafein itu memang sangat menggoda untuk memakannya. Sebut saja makanan/ minuman berkafein yang sangat menggoda adalah kopi, soft drink, teh, dan cokelat. Namun perlu diketahui, ternyata makanan/ minuman yang berkafein menyebabkan terjadinya migrain. Hal ini tidak lain karena makanan/ minuman yang mengandung kafein sendiri cenderung mempunyai sifat adiktif.

4. Mengkonsumsi Obat-Obatan

Selain ketergantungan makanan/ minuman yang berkafein, kebiasaan lainnya terkena migrain sendiri adalah seringnya mengkonsumsi obat-obatan. Adapun beberapa obat tertentu yang dapat memicu terjadinya migrain adalah jenis pil kontrasepsi, tablet tidur, dan terapi pengantin hormon. Biasanya pemicu migrain sendiri setiap individu berbeda-beda. Namun, tidak ada salahnya mulai sekarang Anda kurangi konsumsi obat-obatan tersebut supaya terhindar dari migrain.

5. Kurangnya Meminum Air Putih

Pada umumnya kebutuhan air seseorang adalah tujuh sampai delapan gelas setiap harinya. Jika Anda kurang mengkonsumsi air putih setiap harinya, jangan heran jika Anda sering kali mengalami migrain maupun gangguan kesehatan lainnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan di European Journal of Neurology juga menyebutkan, bahwa air merupakan salah satu obat migrain paling baik dan sehat. Maka dari itu, seseorang sangat disarankan selalu meminum air putih cukup setiap harinya.

6. Terlalu Sering Banyak Tidur

Nah, untuk Anda yang tadinya mempunyai hobi tidur dan ingin selalu berada di tempat tidur, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut. Terlebih jika Anda tidak ingin terkena migrain. Menurut beberapa study juga mengatakan, jika terlalu sering banyak tidur sejatinya akan memicu seseorang terkena migrain dan sakit kepala yang berlebihan. Selain itu, Dr Paterlin juga menyarankan agar seorang yang menderita migrain supaya tidur teratur pada setiap harinya.

7. Mudah Stres

Kebiasaan lainnya yang menyebabkan seseorang sering mengalami migrain adalah karena banyak pikiran atau mengalami stres. Jadi ketika Anda sedang banyak pikiran atau mengalami stres yang luar biasa sebaiknya langsung dibuat istirahat. Hal tersebut selain berguna untuk meredam emosi juga berguna untuk mencegah terjadinya sakit kepala maupun migrain.

Solusi Migrain

Pada dasarnya ada beberapa pengobatan maupun metode yang efektif untuk membantu mencegah migrain. Salah satu solusi yang paling mudah ketika terserang migrain adalah berbaring di dalam kamar gelap dan istirahat yang cukup. Jika sudah melakukan istirahat yang cukup barulah Anda mengkosumsi obat-obatan yang memang khusus untuk menangani penyakit migrain.

Untuk lebih amannya, Anda bisa membeli obat-obatan di apotek terdekat agar lebih terpercaya.