Siapa yang tidak kenal dengan buah kurma? Kurma merupakan buah yang sangat identik dengan bulan puasa atau ramadhan. Bukan hanya di Negara Timur Tengah saja, buah ini dapat Anda jumpai di pasar-pasar tradisional maupun supermarket yang ada di Indonesia. Terlebih lagi jika bulan ramadhan tiba, Anda akan menjumpai banyak penjual tajil di pinggir jalan yang menjual buah kurma. Buah yang memiliki bentuk lingkaran oval ini mempunyai rasa yang sangat manis, sangat cocok untuk dijadikan menu pembuka saat berbuka puasa.

Manfaat Kurma Untuk Menu Pembuka Berbuka Puasa

Buah kurma memiliki kandungan yang sangat lengkap dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Kandungan buah tersebut memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian menjalankan ibadah puasa. Beberapa kandungan tersebut seperti gula, vitamin, protein, lemak, dan mineral.

Lalu apa manfaat bila berbuka puasa dengan mengunakan kurma? Berikut ini merupakan beberapa manfaat bila berbuka puasa mengunakan kurma :

1. Mensuplai Sumber Energi

Manfaat pertama buah kurma untuk berbuka puasa adalah sebagai pensuplai sumber energi. Kenapa? Karena buah kurma memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi. Glukosa sendiri yang ada di buah kurma merupakan sumber energi. Oleh sebab itu buka puasa dengan mengkonsumsi kurma tubuh Anda akan kembali fit walaupun telah menahan haus dan lapar selama selama seharian.

Memasukkan buah kurma sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa sangat tepat. Selain itu kurma merupakan hidangan pembuka saat berbuka yang dianjurkan oleh rosulullah SAW. Namun perlu diingat jika Anda memiliki penyakit atau riwayat diabetes untuk menghindari atau mengurangi buah kurma. Sebab kandungan buah kurma sangat tidak baik untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit diabetes.

2. Menyiapkan Perut Untuk Menerima Makanan Setelah Seharian Puasa

Seperti yang telah dianjurkan oleh Rosulullah SAW berbuka puasa dengan buah kurma sangatlah baik. Yaitu menyiapkan perut untuk menerima makanan setelah seharian berpuasa. Karena ketika berbuka puasa perut masih dalam keadaan kosong, akan sangat tidak baik jika saat berbuka puasa langsung menyantap makanan berat seperti nasi dan lainnya. Kenapa? Karena dengan mengkonsumsi makanan berat akan menyebabkan sistem pencernaan bekerja keras atau kaget.

Oleh sebab itu awalilah buka puasa Anda dengan mengkonsumsi buah kurma supaya perut Anda tidak kaget karena buah kurma mudah dicerna. Selain mudah dicerna, buah kurma juga bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan Anda agar tetap sehat selama bulan puasa.

3. Mencegah Terjadinya Sembelit

Banyak orang yang mengalami gangguan pada sistem pencernaan saat menjalankan ibadah bulan puasa. Salah satunya yang sering menghampiri adalah sembelit. Sembelit sendiri atau konstipasi merupakan gangguan sistem pencernaan pada pengerasan tinja, sehingga tinja sulit untuk keluar. Penderita akan merasakan sakit yang sangat hebat saat BAB atau buang air besar yang disebabkan kerasnya tinja.

Oleh sebab itu sembelit tersebut bisa diantisipasi dengan mengkonsumsi buah kurma saat berbuka puasa. Kurma ini memiliki kandungan yang sangat cukup untuk mencegah terjadinya sembelit. Yaitu serat yang cukup tinggi yang sangat efektif mencegah masalah sistem pencernaan tersebut saat menjalankan puasa di bulan ramadhan.

4. Mampu Menyeimbangkan Keasaman Darah

Selain mencegah penyakit, manfaat buah kurma dapat menyeimbangkan keasaman darah pada tubuh setelah seharian berpuasa. Mengapa? Karena buah kurma memiliki kandungan yang cukup untuk menyeimbangkan keasaman darah pada tubuh.

Penyebab naiknya darah sendiri biasanya disebabkan karena mengkonsumsi makanan berat dan lauk saat berbuka puasa. Jadi untuk menghindari hal semacam itu, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma sebagai hidangan pembuka saat berbuka.

5. Sebagai Hidangan Pembuka Yang Unik

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, ternyata buah kurma bisa dijadikan hidangan pembuka yang unik. Apa itu? Yaitu buah kurma tersebut bisa disajikan dalam bentuk jus kurma. Sangat cocok bagi Anda yang sering menyantap hidangan berbuka puasa dalam bentuk minuman.

Dengan sedikit keahlian dari tangan Anda jus kurma siap menghiasi menu berbuka Anda dan keluarga. Lebih dari cukup bukan manfaat buah kurma untuk sajian buka puasa Anda dan keluarga. Selain memiliki banyak akan manfaat, kurma merupakan hidangan pembuka berbuka puasa yang disunahkan oleh Rosulullah. Manis nikmat di mulut dan menambah pahala bagi yang menjalankan sunahnya.