Buah bit merah termasuk dalam kelas umbi-umbian. Khasiat buah bit merah sudah terkenal di seluruh dunia. Buah yang memiliki nama latin Beta Vulgaris ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berasal dari Mesopotamia, dan mulai tersebar ke daerah Asia dan Eropa, buah ini sudah mulai banyak ditanam di Indonesia. Daun buah bit merah biasanya dapat dimasak menjadi sayur. Sedangkan umbinya dapat dijadikan jus.

Kandungan Buah Bit Merah

Buah bit merah memiliki berbagai macam kandungan. apa saja kandungan yang terdapat di dalam buah bit merah? Inilah informasinya.

1. Asam Folat

Zat asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Asam folat apabila rutin dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat pada otak dan sumsum tulang belakang bayi Anda. Selain itu, asam volat adalah jenis vitamin B yang dapat membantu tubuh Anda memproduksi sel-sel baru, serta mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan kanker.

2. Kalium

Kalium merupakan salat satu mineral yang penting bagi tubuh manusia. Mineral ini merupakan zat elektrolit, yaitu zat memiliki fungsi listrik dalam tubuh. Kalium juga sangat penting bagi fungsi jantung, serta mampu menjaga fungsi otot dan pencernaan yang normal.

3. Serat

Selain memiliki fungsi untuk memperlancar proses pencernaan dan menyehatkan organ pencernaan, serat memiliki fungsi yang lain. Serat juga mampu menyehatkan kulit, terutama serat yang terkandung pada buah. Berbagai jenis racun dan bakteri bisa menurunkan kesehatan kulit seperti menjadi pemicu jerawat dan kulit kusam. Kandungan serat dalam buah bit merah mampu memindahkan berbagai jenis racun, bakteri dan jamur yang berasal dari makanan dan masuk dalam sistem pencernaan.

4. Vitamin C

Secara umum, fungsi Vitamin C adalah membantu tubuh untuk mengontrol semua organ tubuh agar tetap stabil dan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Namun selain hal itu, vitamin C juga dapat meningkatkan mood Anda. Ketidakstabilan mood diakibatkan oleh kekurangan vitamin C. Orang yang kekurangan vitamin C biasanya akan mudah khawatir dan cepat gelisah. Vitamin C juga mampu mencegah terjadinya stroke. Dengan kandungan vitamin C dalam darah yang cukup, Anda dapat menekan sebesar 42% serangan stroke.

5. Zat Besi

Salah satu fungsi zat besi adalah untuk membantu membawa oksigen dari paru – paru ke seluruh tubuh. Zat besi membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan dengan maksimal. Apabila distribusi oksigen ke seluruh tubuh berjalan maksimal, maka semua organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Zat besi juga penting bagi pembentukan hemoglobin. Pembentukan hemoglobin yang yang meningkat mampu mencegah Anda terkena anemia.

6. Betalain

Pigmen yang memberi warna merah pada buah bit adalah pigmen betalain. Betalain merupakan kombinasi dari pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betaxantin. Pigmen dari buah bit merah ini menunjukkan sifat antiradikal dan antioksidan yang tinggi. Kandungan betalain pada bit merah diyakini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, terutama kanker kolon (usus besar).

Manfaat Buah Bit Merah

Pigmen warna merah pada buah bit merah dapat digunakan sebagai pewarna alami kue atau bahan pangan yang lain. Selain itu, fungsi lainnya adalah sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan. Berikut khasiat buah bit merah yang dapat Anda nikmati.

1. Mencegah Kanker

Kandungan betalain bermanfaat untuk menghambat pembentukan karsinogen dan meningkatkan produksi sel imun. Betalain juga mampu meningkatkan produksi enzim tubuh yang membantu menghentikan produksi sel kanker.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah bit merah mengandung serat yang tinggi sehingga dapat memperlancar proses pencernaan. Sisa makanan dan racun dalam tubuh akan dibuang bersama serat dalam bentuk feses.

3. Menjaga Kesehatan Hati

Meskipun masih dalam masa penelitian, buah bit diduga mampu mengurangi timbunan lemak dalam hati. Hal ini membuat organ hati dapat bekerja dalam keadaan normal dan sehat.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition, pria atau wanita yang minum segelas jus bit merah akna mengalami penurunan tekanan darah dalam waktu enam jam kemudian.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Betalain, betanin, dan vulgaxanthin dalam buah bit merah efektif dalam mengurangi peradangan dan memasok tubuh dengan antioksidan. Kandungan betalain juga mendukung detoksifikasi yang mampu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh akibat peradangan. Sedangkan kandungan oksida nitrat di dalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.