olahragaOlahraga Untuk Melangsingkan Badan

Langsing sehat tidak harus dengan olah raga berat seperti angkat beban atau melatih otot perut yang dilakukan di gym. Tapi, di rumah atau di waktu senjang, kita bisa meluangkan waktu melakukan kegiatan sederhana tapi akan membakar lemak terutama perut. Lalu, olahraga apa yang sebenarnya paling efektif untuk melangsingkan tubuh? Apapun itu, kita perlu melakukannya secara konsisten. Jika belum ada tanda-tanda yang signifkan, terus lakukan dan jangan menyerah. Dan berikut ini aktivitas yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Lari/Jogging

Olahraga paling mudah dan murah, tidak membutuhkan peralatan mahal ialah berlari atau jogging. Jogging akan membakar kalori di dalam tubuh yang akan memberikan efek pada proses pelangsingan tubuh yang sedang Anda lakukan. Tidak harus berlari ke taman-taman kota yang letaknya jauh dari rumah Anda. Cukup jogging dengan berkeliling kompleks atau sekeliling rumah Anda.

Pilih waktu yang paling baik untuk jogging, bisa pagi atau sore hari dengan durasi waktu kurang lebih 30 menit tiap sesi. Nah, terbukti kan, bahwa langsing sehat tidak harus dengan olah raga berat. Dengan hanya 30 menit jogging, Anda sudah bisa membakar kalori secara signifikan. Perlu ketelatenan dan konsistensi agar tubuh Anda bisa langsing secara bertahap.

Jalan Kaki

Selain jogging atau lari, ternyata jalan kaki juga efektif untuk menurunkan berat badan sehingga langsing. Tidak harus dengan meluangkan waktu seperti jogging. Anda cukup berjalan mengelilingi rumah Anda atau kompleks di sekitar rumah Anda. Atau, Anda bisa memilih berjalan kaki untuk mencapai jalan raya, ketika harus pergi ke swalayan atau pasar dari pada menaiki sepeda motor atau mobil. Anda bisa juga dengan berjalan naik turun tangga selama beberapa kali. Anda akan melihat bagaimana kalori di dalam tubuh terbakar hanya dengan jalan kaki.

Berenang

Jika di rumah Anda punya kolam renang atau ada kolam renang di dekat rumah Anda, berenang adalah salah satu olahraga yang bisa menurunkan berat badan sehingga jadi langsing. Jadi, bisa dibilang, langsing sehat tidak harus dengan olah raga berat karena berenang saja sudah cukup banyak membakar kalori.

Dari beberapa olah raga yang bisa membakar kalori, berenang adalah yang paling banyak. Banyak sedikitnya kalori yang terbakar tergantung pada berat badan Anda dan durasi berenang. Seseorang dengan berat 65 kg yang berenang gaya bebas selama 1 jam akan membakar 590 kalori (berenang dalam tempo cepat) dan 413 kalori dalam tempo sedang. Disisi lain, seseorang dengan beart 73 kg bisa membakar kalori sebanyak 704 kalori (renang cepat) dan 493 kalori (renang kecepatan sedang) dalam waktu 1 jam.

Semakin cepat Anda berenang dan semakin lama Anda berenang, semakin banyak kalori yang terbakar. Sekedar tips, sebaiknya menghindari makan sebelum berenang dan makan makanan dengan kadar kalori rendah setelah berenang. Sangat simpel karena langsing sehat tidak harus dengan olah raga berat dan berenang secara konsisten akan melangsingkan tubuh secara bertahap.

Sit Up

Rintangan terberat untuk memperoleh tubuh yang langsing adalah lemak pada perut. Terkadang, sangat sulit menghilangkan lemak di area ini. Tapi, dengan olahraga ringan, Anda sudah bisa membantu membakar lemak di area perut, yaitu dengan sit up.

Caranya sangat mudah. Berbaringlah di atas tikar atau matras, kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala. Cobalah untuk duduk dengan mengangkat tubuh Anda secara perlahan. Setelah berhasil, kemabalilah berbaring. Jika Anda tidak kuat duduk, lakukan dengan perlahan atau tindih kaki Anda dengan bantal. Lakukan kegiatan ini setiap pagi setelah bangun tidur secara rutin. Bisa dimulai dengan 4x, kemudian 10x, dan diteruskan kelipatannya. Mudah bukan, karena langsing sehat tidak harus dengan olah raga berat.

Bersepeda

Olahraga lain yang mudah dan menyenangkan adalah bersepeda. Bisa dilakukan kapan saja di waktu luang Anda baik oleh pria ataupun wanita. Jumlah kalori yang terbakar sulit untuk dihitunng, tapi rata-rata kita bisa membakar 650 kalori per jam dengan bersepeda santai. Jika Anda berseda dengan kecepatan lebih tinggi dan waktu lebih lama, Anda bisa membakar kalori hingga 1.100 kalori.

Jadi, luangkan waktu Anda setiap pagi atau sore hari di hari Minggu dengan bersepeda. Simpel, karena langsing sehat tidak harus dengan olahraga berat. Bersepeda menyenangkan akan membuat tubuh Anda langsing.

Senam Aerobik

Olahraga yang satu ini populer di kalangan wanita karena kemampuannya melangsingkan tubuh. Aerobik adalah sejeni senam yang mengharuskan Anda menggerakkan badan dengan cepat. Karena cepat inilah, kalori di dalam tubuh bisa cepat terbakar pula. Hasilnya, tubuh jadi langsing.

Ada gerakan-gerakan khusus pada senam aerobik yang bisa membuat otot kita bekerja secara optimal. Itulah kenapa aerobik bisa melangsingkan tubuh. Anda bisa melakukan sendiri di rumah dengan video tutorial yang bisa didownload di internet jika Anda tidak mau mengeluarkan uang untuk bergabung dengan kelompok aerobik di pusat kebugaran.

Memang, langsing sehat tidak perlu menghabiskan banyak uang, tapi diperlukan ketekunan dan pantang menyerah. Banyak orang berhenti di tengah jalan karena program latihan yang ia lakukan tidak berhasil. Tapi yang jelas, apapun itu, memang langsing sehat tidak harus dengan olah raga berat.