Kita tahu bahwa pencernaan yang sehat membutuhkan semua makanan yang bergizi, mengandung banyak vitamin serta berserat. Apalagi berbagai penyakit banyak yang bersumber dari pencernaan yang tidak sehat. Percernaan menjadi sehat apabila mengutamakan serat dalam setiap menu makanan kita. Seperti sayur, kacang-kacangan, dan buah.

Serat adalah kandungan yang ada di dalam sumber makanan nabati. Serat dapat mengikat kandungan air di dalam usus, juga dapat mengikat racun yang tertinggal di dalam usus, sehingga pencernaan lancar tubuh juga semakin sehat. Serat terbagi menjadi dua bagian, yaitu serat yang tidak larut di dalam air serta serat yang larut di dalam air.

  • Serat yang dapat larut di dalam air merupakan jenis serat dapat larut di dalam air dan membentuk gel. Makanan yang mengandung serat ini antara lain berbagai jenis kacang-kacangan, oatmeal, dan buah-buahan seperti pisang, jeruk, apel dan lain sebagainya.
  • Serat yang tidak dapat larut di dalam air merupakan jenis serat yang dapat meningkatkan pergerakan pencernaan. Bagi anda yang sedang mengalami sembelit serat yang tidak larut dalam air ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Untuk makanan yang mengandung serat tidak larut dalam air antara lain gandum, kacang hijau, bayam, kangkung, dan lain sebagainya.

Utamakan menyediakan serat di dalam makanan anda. Agar kesehatan pencernaan selalu terjaga.