perut-buncit-kurang-menarikPerut buncit membuat penampilan Anda kurang menarik dan menempatkan Anda pada posisi rentan terhadap penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Masalah perut buncit menjadi masalah baik pria maupun wanita, muda ataupun tua, yang pasti, penampilan kita menjadi tidak menarik. Bagi wanita single, perut buncit menjadi masalah serius. Lantas apa yang bisa kita lakukan agar perut kita rata atau six packs bagi pria? Nah, baik pria maupun wanita, simak informasi berikut ini!

Temukan Akar Masalah

Sebelum kita melakukan sesuatu untuk mengecilkan perut kita yang buncit, pertama kita harus mengetahui akar masalahnya. Tanpa mengatasi masalah, usaha yang kita lakukan akan sia-sia.

Pada dasarnya, ada beberapa sebab seperti makan terburu-buru, makan malam terlalu larut, kurang berolahraga, melewatkan sarapan pagi dan banyak makan makanan yang berkalori atau berlemak tinggi. Manakah dari kebiasaan buruk ini yang Anda lakukan?

Kalau Anda sudah menemukan masalahnya, perbaiki. Tanpa perubahan gaya hidup, kecil kemungkinan perut buncit Anda bisa teratasi dan tetap saja, perut buncit membuat penampilan Anda kurang menarik. Ubah gaya hidup Anda, mulailah berbenah dan melakukan sesuatu. Poin-poin berikutnya adalah tips yang bisa Anda lakukan.

Perbanyak Makanan Berserat

Sebelum membahas lebih jauh, kita harus tahu apa itu makanan berserat dan apa pangaruhnya terhadap perut buncit. Makanan berserat adalah makanan yang mengandung serat, bagian dari tumbuhan yang bisa dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang bersifat resisten terhadap proses pencernaan dan penyerapan makanan di usus halus, dan akan terfermentasi di usus besar.

Dilihat dari definisinya, bisa kita simpulkan bahwa makan berserat ini berasal dari tumbuh-tumbuhan dan sulit dicerna (resisten). Karena sukar dicerna, penyerapan sari-sari dari makanan ini pun tidak bisa dilakukan meskipun mengandung karbohidrat. Hasilnya, makanan ini dibuang setelah terfermatasi di usus besar. Jadi, makanan berserat tidak akan menghasilkan kalori. Perlu diingat bahwa jika Anda kelebihan kalori, perut Anda akan buncit dan perut buncit, membuat penampilan Anda kurang menarik.

Maka, disarankan untuk makan makanan berserat tinggi. Perut penuh sehingga tetap kenyang dan zero calorie (tanpa kalori). Perbanyaklah makan makanan seperti pepaya, oatmeal, berry, sayuran berdaun hijau, edamame, beras merah, buah pir, apel, jambu biji merah, tomat dan buah nanas. Pasti perut buncit Anda semakin hilang.

Banyak Minum Air Putih

Karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, kita membutuhkan banyak air putih setiap harinya.Tujuannya agar metabolisme di dalam tubuh menjadi lancar, efeknya pencernaan pun menjadi lancar dan penyerapan makanan bisa optimal. Kebutuhan air putih setiap hari adalah 8 gelas atau sekitar 1.5 liter. Lebih bagus jika Anda minum air putih sebelum makan, sebelum dan setelah bangun tidur agar perut Anda tidak buncit dan perut buncit membuat penampilan Anda kurang menarik.

Kok bisa? Air putih sebelum makan akan mengisi lambung yang kosong sehingga kita sudah merasa agak kenyang ketika mulai makan. Akhirnya, makanan yang kita makan pun bisa dikurangi. Akhirnya, kalori dari makanan pun menjadi berkurang yang akan memberikan efek positif bagi tubuh kita.

Mengontrol Asupan Makanan

Meskipun kita harus banyak makan makanan berserat, bukan berarti kita tidak membutuhkan karbohidrat, lemak, protein, Vitamin dan Mineral. Khusus untuk tiga yang pertama, kita harus benar-benar mengontrolnya karena asupan yang berlebih hanya akan menimbun kalori khususnya di sekitar perut, akibatnya perut buncit dan perut buncit membuat penampilan Anda kurang menarik.

Agar bisa tekontrol, sangat penting untuk mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan dan tiap orang berbeda-beda tergantung aktivitas dan berat badan. Dalam hal pengontrolan makanan, paling tepat adalah berkonsultasi dengan ahli gizi, tapi ini membutuhkan dana. Hal yang paling mudah adalah dengan mengganti makanan yang kita makan dan mengetahui makanan yang tinggi karbohidrat, lemak dan protein.

Ganti makanan Anda dengan makanan yang mengandung lemak sehat seperti minyak zaitun untuk menggoreng. Hindari lemak hewani dan ganti dengan lemak dari biji-bijian. Protein yang paling baik berasal dari tumbuhan. Jika kita tidak bisa mengubahnya atau mengganti sumber karbohidrat, lemak dan protein, akan sulit mengontrol berat badan sehingga perut menjadi buncit, dan perut buncit membuat penampilan Anda kurang menarik, bukan?

Hindari Stress dan Banyak Olahraga

Stress adalah penyakit psikis tapi berpengaruh pada fisik. Stress hanya akan meningkatkan level kortisol yang berefek pada rusaknya sistem adrenal. Akibatnya, kita tidak bisa menurunkan berat badan, malah lemak yang akan kita dapat. Di area perut, kita akan melihat perut membuncit. Selalu relaks akan membuat Anda terhindar dari stress dan selalu sehat secara fisik dan mental.

Olahraga sangat penting dan harus dilakukan secara teratur. Dalam seminggu, kita perlu olahraga 3-4 kali dalam durasi 30 menit per sesi. Jika tidak punya waktu ke gym, Anda bisa melakukan di rumah dengan jalan cepat, sit up, push up, angkat beban, aerobik ringan dan latihan lain yang melatih otot perut. Intinya, kita bisa membakar kalori di dalam tubuh kita agar perut tidak buncit.

Nah, itulah yang harus Anda lakukan agar tubuh senantiasa ideal. Konsistensi sangat diperlukan agar kita bisa sukses menghilangkan perut buncit karena perut buncit membuat penampilan Anda kurang menarik.