Perut gendut bukan hanya menyebabkan penampilan tidak menarik, menyebabkan rasa percaya diri juga menjadi berkurang. Jika anda memiliki perut gendut, anda perlu waspada. Karena perut gendut selain menyebabkan berbagai penyakit, juga bisa disebabkan oleh penyakit.

Perut gendut bisa juga disebut obesitas sentral atau obesitas perut. Perut gendut terjadi karena penumpukan lemak di bagian perut atau bisa juga karena penyakit yang membahayakan kesehatan. Agar anda mengetahui perut gendut anda berbahaya atau tidak? Anda dapat mengukur lingkar pinggang menggunakan meteran yang dililitkan di perut. Posisi meterannya adalah sejajar dengan tulang pusar dengan tulang panggul. Seorang wanita dianggap mengalami obesitas apabila lingkar perutnya diatas 80 cm, sedangkan untuk pria lingkar pinggangnya diatas 90 cm.

Ada berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh perut gendut, antara lain sebagai berikut:

1. Penyakit gangguan hati

Salah satu penyakit yang disebabkan perut gendut yaitu gangguan hati. Seperti penyakit liver, hepatitis, sirosis hati, dan berbagai penyakit hati lainnya.

2. Penyakit gagal ginjal

Ginjal yang sudah rusak, akan menumpuk sisa cairan metabolisme seperti urin, sehingga tubuh mengalami pembekalan. Bukan hanya perut, kaki dan tangan pun membekal.

3. Penyakit Diabetes

Orang yang mengalami sakit diabetes dikarenakan tubuhnya menumpuk gula yang berlebih. Gula yang berlebihan akan disimpan dalam bentuk lemak dan akan menumpuk di perut serta bagian tubuh lainnya.

Benar-benar berbahaya ya perut yang gendut itu. Ubahlah gaya hidup anda serta rajin berolahraga agar terhindar dari berbagai penyakit akibat perut buncit.