Penyakit jantung adalah sebuah penyakit yang terkadang memiliki resiko berbahaya apabila tidak berhati – hati dalam memilih makanan.

Resiko penyakit jantung ini ternyata lebih banyak timbul di akibatkan karena pola makan yang tidak sehat. Bagi anda yang memiliki penyakit jantung harus memilih jenis makanan atau pola makanan yang sehat dan tepat.

Di bawah ini Anda bisa menentukan pola makanan yang tepat untuk anda agar penyakit jantung anda cepat sembuh. Berikut diantaranya :

Konsumsi Buah dan Sayuran Sebanyak Mungkin

Sayuran dan buah – buahan memiliki serat, potasium, dan juga nutrisi yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Sehingga tekanan darah yang tinggi dan kolesterol akan terkontrol dengan anda memakan buah maupun sayuran ini.

Selalu Konsumsi Gandum

Kadar glikemik rendah yang ada di gandum dipercaya mampu membantu mengatasi penyakit jantung anda. Atau selain mengkonsumsi gandum sepenuhnya anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung jagung, nasi, Millet, teff, sejenisnya. Yang manfaatnya dari makanan jenis ini juga mampu mengurangi resiko penyakit jantung anda kambuh.

Kurangi Makanan Berlemak Jenuh

Lemak jenuh yang masuk ke tubuh anda akan memberikan dampak buruk kepada anda yang pernah terserang penyakit jantung. Lemak jenuh ini nantinya akan mengendap yang membuat pembuluh darah mengental. Sehingga gumpalan yang terbentuk akan menyumbat pembuluh darah anda.

Anda bisa memilih makanan seperti :

  • Hindari Makanan Daging Merah. Daging merah seperti daging sapi dan kambing memiliki banyak kandungan lemak jenuh di dalamnya. Kedua jenis daging ini harus anda hindari agar resiko penyakit jantung anda berkurang.
  • Hindari Susu Dan Produk Susu Berlebih. Ternyata tidak hanya di daging merah di susu pun juga harus anda hindari secara penuh. Susu selain memiliki kalsium yang tinggi ternyata memiliki lemak jenuh yang tinggi pula. Tidak hanya susu di keju, es krim, dan makanan pengolah susu lainnya juga harus anda hindari.

Konsumsi Makanan Umbi-Umbian

Umbi-umbian merupakan salah satu makanan yang ternyata tidak mengandung banyak gula .atau bisa dikatakan umbi-umbian ternyata juga memiliki banyak karbohidrat yang juga karbohidrat jenis rendah gula. Sehingga dengan anda rutin mengkonsumsi umbi-umbian akan mengurangi resiko penyakit jantung anda kambuh.

Perbanyak Konsumsi Ikan Salmon

Ikan Salmon memiliki kandungan vitamin D, asam lemak omega-3, vitamin B, kalsium dan masih banyak lagi. Dan semua ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk mengatasi penyakit jantung anda. Selain sumber makanan yang baik kandungan Omega-3 yang banyak memberikan efek baik untuk penyakit jantung anda. Kolestrol jahat yang ada di jantung akan turun secara signifikan apabila anda selalu mengkonsumsi secara rutin setiap hari.

Perbanyak Konsumsi Hati

Hati ada banyak pilihan yang bisa anda tentukan sendiri. Seperti anda bisa memilih hati untuk hewan darat atau pun hewan laut. Istilah lain dari Hati adalah daging tanpa. Hati memang sangat di anjurkan karena seseorang yang terserang penyakit agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi lemak. Dan anda bisa mencoba dengan mengkonsumsi rutin Hati ini. Terlebih lagi memang hati adalah salah satu organ yang memang di ciptakan untuk membuang racun pada tubuh. Sehingga dengan begitu banyak tersimpan yang penting di Hati yang bisa anda manfaatkan untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Kurangi Makanan Ber-Garam Tinggi

Garam adalah salah satu dari jenis perasa makanan  yang selalu ada dimanapun anda makan suatu makanan. Namun siapa sangka garam yang berlebih tidak baik untuk anda yang terserang penyakit jantung. Untuk mengurangi resiko penyakit jantung anda bisa mengatasi yang salah satunya dengan mengurangi konsumsi garam. Menurut penelitian anda bis mengkonsumsi garam hanya sekitar 1.5 gram saja setiap harinya.

Perbanyak Minum Air Putih

Selain dengan pola makan anda bisa mengurangi resiko penyakit jantung dengan cara yang satu ini. Anda bisa mencoba dengan memperbanyak konsumsi minum air putih. Selain dengan makanan ternyata dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih juga bagus untuk  jantung. Karena kadar air putih ini juga mampu untuk menetralisir semua racun yang ada. Tentunya racun yang berbahaya akan kesehatan jantung.

Penyakit Jantung adalah sebuah penyakit yang harus berhati – hati dalam menyikapi. Terutama masalah pola makanan juga sangat penting untuk mengurangi resiko penyakit jantung ayang akan timbul. Beberapa pola makan diatas bisa segera anda buktikan dan pilih yang lebih tepat untuk anda.