Beberapa wanita tentunya ada yang mengalami keputihan karena sekresi vagina pada wanita. Keputihan pada dasarnya terdapat 2 golongan yaitu normal dan abnormal. Jika keputihan normal terjadi setiap bulannya menjelang dan sesudah menstruasi atau pada masa subur.

Namun, jika keputihan tersebut abnormal disebabkan karena adanya infeksi sehingga menimbulkan rasa gatal pada dalam vagina dan bibir vagina luar. Penyebab keputihan biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan juga parasit. Penting sekali bagi anda untuk mengetahui penyebab keputihan, berikut beberapa penyebab adanya keputihan :

Penyebab Keputihan

1. Bakteri Vaginosis

Disebabkan oleh wanita yang sering melakukan oral seks dan berganti pasangan seksual.

2. Bakteri Trikomoniasis

Disebabkan oleh kontak seksual, berbagi handuk maupun baju renang. Sehingga mengeluarkan cairan yang gatal dan bau.

3. Infeksi Jamur

Keputihan dapat terjadi jika vagina anda terkena jamur yang disebabkan oleh penggunaan celana dalam yang lembab. Sehingga, peluang keputihan tersebut semakin tinggi.

Jika keputihan Anda tidak normal perlu sekali penanganan khusus. Karena keputihan sendiri bisa disebabkan oleh infeksi vaginosis bakterialis, penggunaan antibiotik, penyakit menular seksual, kanker serviks dan masih banyak lagi. Sehingga mnyebabkan bau, gatal dan nyeri tentunya selalu menjadi masalah kepada kaum wanita dan membuatnya tidak percaya diri. Ada beberapa penanganan secara mandiri dan mudah yang dapat anda lakukan.

Penanganan Keputihan Yang Tepat

Berikut penanganan keputihan yang tepat untuk anda :

1. Kompres Air Dingin

Penanganan paling mudah yang pertama adalah dengan mengompres area vagina dengan menggunakan air dingin secara beberapa kali.

2. Mengonsumsi Yogurt

Minuman ini dapat menurunkan resiko terkena jamur pada vagina anda sehingga dapat menjadi minuman antibiotik mengindari keputihan.

3. Menggunakan Krim

Cara penanganan lainnya dengan menggunakan krim anti jamur yang dapat anda dapatkan di semua apotek terdekat.

4. Menggunakan Alat Pengamanan Saat Berhubungan Badan

Jika anda telah menikah dan mengalami keputihan tidak normal, sebaiknya saat berhubungan badan gunakan alat pengaman. Gunakan selama 1 bulan, jika sudah tidak mengeluarkan keputihan berarti anda sudah sembuh dari penyakit tersebut.

5. Periksakan Ke Dokter

Namun, jika di kompres dingin tidak hilang atau bahkan disertai luka, gatal, memerah atau membengkak lebih baik konsultasikan kepada dokter.

Perlu anda ketahui juga, penting untuk mencegah keputihan pada vagina anda dengan tidak menggunakan celana terlalu ketat, berbahan sintesis. Tetap menjaga vagina anda agar tidak kering dan lembab dan selalu mengeringkannya dengan handuk sesudah buang air. Pada malam hari usahakan untuk tidak menggunakan celana agar memberi waktu istirahat dan udara pada vagina anda. Namun, jika keputihan anda susah untuk di obati anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan cara mengatasinya secara alami. Berikut kami akan membagikan tips atasi keputihan dengan mudah untuk anda.

Tips Atasi Keputihan

Jika anda salah satu dari wanita yang bingung mengatasi keputihan, jangan khawatir karena kami akan memberikan beberapa tips mengatasi keputihan:

1. Daun Sirih

Daun sirih merupakan tanaman yang ada di sekitar anda, daunnya berwarna merah dan hijau. Cara penggunaannya dengan di rebus terlebih dahulu yang kemudian dibasuhkan ke vagina anda. Jika anda ingin menggunakan produk kemasan pastikan tidak ada campuran bahan kimia lainnya didalamnya.

2. Kayu Rapet

Tanaman ini berasal dari china, yang dapat digunakan untuk masalah kewanitaan seperti keputihan. Hanya saja penggunaan kayu rapet ini harus di dampingi bahan herbal lainnya. Seperti: kayu mesoyi, majakan, rimpang kunci pepet, kemukus, cengkih, jahe sukun, jintan putih. Bahan tersebut direbus, kemudian anda minum satu kali sehari.

Yang paling penting cara tersebut tidak menimbulkan efek samping untuk anda. Jadi anda tidak perlu khawatir. Kami juga mempunyai beberapa referensi obat keputihan alami yang dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan biaya yang terjangkau.

Obat Keputihan Alami

Berikut referensi obat keputihan secara alami yang dapat anda gunakan untuk mengobati vagina anda:

1. Akar Bayam

Tanaman ini berfungsi sebagai anti bakteri dan menyembuhkan infeksi pada vagina anda. Caranya dengan jus akar bayam ini kemudian anda konsumsi 2 kali sehari.

2. Bawang Putih

Bumbu dapur ini memiliki banyak sekali khasiat didalamnya, menyembuhkan keputihan pada vagina anda. Caranya, satu siung bawang putih kupas menjadi 2 bagian kemudian letakkan potongan tersebut diatas vagina anda saat tidur dimalam hari.

3. Akar Mawar

Ambillah akar mawar yang masih baik, cuci bersih kemudian rebus. Air rebusan tersebut anda minum 1 hari 1 kali.

Bagaimana? Tips mengobati dan mencegah keputihan mudah bukan untuk dilakukan?. Pastikan anda lakukan beberapa tips tersebut dengan benar agar hasilnya maksimal. Semoga dengan membaca referensi ini bermanfaat untuk menyembuhkan keputihan anda.