Mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan yang ideal merupakan hal yang sangat diimpikan oleh setiap wanita. Namun hal ini tidaklah mudah. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang melakukan berbagai cara agar bisa mendapatkan hal tersebut. Salah satu hal yang biasa dilakukan yaitu dengan menjalani diet. Diet disini tidak hanya membatasi jumlah asupan makanan yang dikonsumsi saja, tetapi juga memperhatikan kadar nutrisi dari makanannya. Banyak sekali macam-macam diet yang berkembang saat ini. Diantaranya yaitu diet mayo dan diet karbo.

Diet Mayo

Diet mayo dilakukan dengan cara tidak mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung garam. Metode ini dianggap dapat menurunkan berat badan hingga 7 sampai 13 kg. Hal ini dilakukan dalam kurun waktu 13 hari. Namun apabila dalam waktu 13 hari melanggar peraturan tersebut, maka prosesnya dinyatakan gagal dan harus mengulangi lagi mulai awal.

1. Tujuan Dari Diet Mayo

Selain bertujuan untuk mendapatkan tubuh yang ideal, diet karbo juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Orang yang menjalani diet ini akan membatasi asupan karbohidrat dan penumpukan cairan dengan cara menghentikan konsumsi garam. Sehingga, berat badan dapat turun lebih cepat.

2. Alasan Menjalani Diet Mayo

Diantara alasan beberapa orang yang melakukan diet mayo yaitu ingin menurunkan berat badan, mencegah hipertensi, mencegah penyakit ginjal, menjaga kesehatan jantung, mencegah aritmia, mencegah jantung koroner, menurunkan kadar kolesterol, membantu mengontrol kadar gula darah, mencegah diabetes, dan mencegah kanker lambung.

Selain itu, diet ini juga ditujukan untuk mencegah komplikasi penyakit, menstabilkan hormon, memperbaiki metabolisme, melancarkan pencernaan, menetralkan tubuh dari mineral beracun yang terkandung pada garam, mencegah makan berlebihan, membiasakan diri rajin minum air putih, membantu membuang zat-zat racun yang berbahaya dari dalam tubuh, menghilangkan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dan agar tidur lebih nyenyak. Begitu banyak alasan dan manfaat yang dapat di ambil dari die mayo ini.

3. Menu Diet Mayo

Menu diet mayo yang disarankan untuk sarapan pagi yaitu secangkir kopi atau teh dengan tambahan 1 sendok teh gula pasir. Akan lebih baik apabila ditambah dengan seporsi buah yang masih segar, seperti apel.

Menu diet mayo untuk makan siang bisa dengan mengkonsumsi salad dengan tambahan seperempat ikan tuna, 2 wortel yang masih segar dipotong dadu, 4 sendok makan mayonaise serta 1 buah jeruk nipis yang diperas di atas salad tersebut.

Untuk makan malam, menu diet yang dapat dikonsumsi yaitu seporsi salad selada ditambah irisan 1 buah tomat, jamur dan bawang merah. Anda juga dapat mengkombinasikan menu yang lain untuk diet Anda.

Diet Karbo

Diet karbo merupakan jenis diet yang dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat. Sehingga tidak heran apabila dalam diet ini menggunakan sejumlah bahan seperti biji-bijian, sayuran dan buah-buahan sebagai menu utamanya. Menu diet karbo akan memperbanyak porsi makanan yang mengandung protein dan juga lemak sehat.

Berikut ini penjelasan lebih rinci mengenai diet karbo.

1. Tujuan Dari Diet Karbo

Selain bertujuan untuk mendapatkan tubuh yang ideal, diet karbo juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Orang yang menjalani diet ini akan cenderung terhindar dari risiko serangan penyakit yang cukup berbahaya. Terutama terhadap serangan penyakit yang berhubungan dengan proses metabolisme tubuh.

2. Alasan Menjalani Diet Karbo

Ada beberapa alasan mengapa seseorang melakukan diet karbo. Diantaranya yaitu untuk menurunkan berat badan, memperbaiki kebiasaan makan dan menikmati beragam makanan.

Mungkin agak aneh ketika melihat tujuan diet yaitu untuk menikmati beragam makanan. Namun, hal ini memang diperbolehkan saat Anda melakukan diet karbo. Di sisi lain, Anda juga harus tetap memperhatikan kandungan gizi dari setiap asupan makanan yang Anda konsumsi.

3. Jenis Makanan Pada Diet Karbo

Makan yang disarankan ketika Anda menjalani diet karbo yaitu jenis makanan yang kadar karbohidratnya kurang dari 5% dari jumlah total. Hal ini juga bisa diartikan bahwa konsumsi karbohidrat Anda dalam sehari hanya dibatasi 20 gram.

Diantara makanan yang dianjurkan untuk Anda yang melakukan diet karbo yaitu daging, aneka jenis hidangan laut, telur, makanan berlemak tinggi, sayuran yang tumbuh di atas tanah, produk olahan susu, dan juga kacang-kacangan.

Sedangkan makanan yang harus dihindari yaitu jenis makanan manis, makanan yang terbuat dari tepung dan juga makanan-makanan pabrikan.

Dan jangan lupa cobalah FIFORLIF

Fiforlif

Fiforlif